Setelah seluruh dunia mulai terbiasa dengan kehidupan pasca pandemi, pola hidup di era new normal menjadikan industri F&B mengedepankan teknologi pemesanan tanpa kontak (contactless ordering) untuk menjaga keberlangsungan bisnis mereka.
Semakin banyak restoran yang menawarkan barcode menu kepada pelanggan agar mereka dapat langsung memesan dari meja mereka masing-masing. Ini merupakan solusi hebat untuk berbagai bisnis F&B, mulai dari restoran dan bar, hingga hotel, cafe, dan bioskop.
Ada banyak keuntungan dalam menggunakan barcode menu pada restoran selain sosial distancing dan kebersihan yang lebih baik.
Pertama-tama, mari kita bahas lebih jelas mengenai apa itu barcode menu. Kamudian, kami akan membahas beberapa alasan mengapa restoran Anda perlu menggunakan barcode menu.
Apa Itu Barcode Menu?
Barcode menu adalah menu versi digital yang memungkinkan pelanggan untuk melihat menu dan memesan dengan memindai barcode menggunakan ponsel mereka. Kehadiran barcode menu telah menggeser bahkan menghilangkan buku menu dan menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih “COVID friendly”.
Barcode menu berfungsi sebagai solusi dari apa yang dibutuhkan dan dicari oleh pelanggan di sebuah restoran. Umumnya, barcode menu berbentuk kotak atau persegi panjang. Ketika pelanggan memindai barcode menggunakan ponsel mereka, mereka akan otomatis diarahkan ke website atau aplikasi yang terhubung dengan barcode menu dan memunculkan menu yang dapat mereka lihat.
Pelanggan Anda tidak hanya dapat melihat menu Anda, namun mereka juga dapat melakukan pemesanan hingga pembayaran melalui ponsel mereka. Benar-benar pengalaman di restoran yang serba tanpa kontak atau contactless.
Mengapa Menggunakan Barcode Menu di Restoran?
Dari sosial distancing hingga meningkatkan volume pemesanan, ada lebih banyak alasan bagus untuk menggunakan barcode menu di restoran. Berikut 12 alasan yang menurut kami dapat membuat Anda beralih dari buku menu menjadi barcode menu.
1. Tidak ada lagi berbagi menu dengan pelanggan lainnya
Tentu saja keuntungan terbesar jika Anda menggunakan barcode menu di restoran adalah mengurangi jumlah hal yang harus disentuh pelanggan saat mereka makan. Seringkali menu dibagikan di sekitar meja di antara sekelompok orang saat mereka memutuskan apa untuk makan dan minum. Tampilkan barcode menu Anda di tempat-tempat yang mudah ditemukan di sekitar restoran sehingga pelanggan dapat menemukan dan memindainya semudah mungkin. Umumnya barcode menu diletakan di setiap meja tempat pelanggan makan.
2. Tidak ada biaya mencetak buku menu
Ada banyak restoran yang merubah menu nya secara rutin. Merubah buku menu ketika ada menu baru di restoran Anda atau menghapus menu karena bahan baku hidangan habis akan membebani Anda dengan biaya cetak menu. Berbanding terbalik jika Anda menggunakan barcode menu, dengan barcode menu Anda dapat melakukan perubahan menu secara digital kapanpun dan dimanapun tanpa adanya biaya yang perlu Anda keluarkan.
3. Mengurangi kontak antara pelayan dengan pelanggan
Banyak orang yang sudah mengurangi frekuensi bersentuhan hingga interaksi mereka dengan orang lain akibat adanya pandemi. Sebagai pemilik restoran, Anda dapat mengurangi kontak antara pelayan dan pelanggan dengan menggunakan barcode menu. Walaupun menggunakan barcode menu, pelayan Anda tetap perlu mengantarkan pesanan pelanggan Anda ke meja mereka.
4. Meningkatkan volume pesanan
Pelanggan cenderung menghabiskan lebih banyak uang ketika memesan secara digital. Faktanya, Anda dapat meningkatkan rata-rata jumlah pesanan harian Anda hingga 30% dengan menggunakan barcode menu sebagai fasilitas pelayanan di restoran Anda.
Ketika kegiatan upselling dicoba secara langsung, itu dapat menjadi pengalaman yang canggung bagi staf dan pelanggan. Memesan melalui menu digital, pelanggan tidak merasa tertekan untuk memutuskan dengan cepat dan lebih nyaman menambahkan item menu tambahan. Mereka juga tidak merasa malu atau sungkan untuk melakukan pemesanan yang kedua kali.
5. Mempercepat turnover meja
Salah satu tantangan terbesar bagi manajer restoran adalah untuk melayani pelanggan sebanyak mungkin tanpa mereka merasa diburu-burukan setelah makan untuk meninggalkan restoran Anda agar pelanggan lain dapat menempati meja mereka. Jadi, ketika ada kejadian dimana pelanggan Anda menunggu untuk didatangi oleh pelayan Anda dan melakukan pemesanan, mereka dapat secara langsung melakukan pemesanan dengan memindai barcode menu tanpa harus menunggu untuk dilayani. Hal ini tentu mempercepat proses bersantap pelanggan. Pelanggan juga dapat memesan item tambahan saat mereka sedang makan, entah karena mereka lupa memesannya atau baru terpikirkan untuk memesan item tersebut.
6. Memperbarui menu dengan mudah
Ketika Anda kehabisan suatu bahan baku untuk menu Anda, sangat merepotkan bagi pelayan Anda karena harus menghampiri pelanggan Anda lagi dan memberitahu bahwa menu yang mereka pesan sedang tidak tersedia. Dengan menu digital, Anda dapat memperbarui status menu Anda kapanpun dan dimanapun tanpa menimbulkan keributan antara dapur, pelayan, dan pelanggan.
Jika suatu menu sedang tidak tersedia karena bahan bakunya habis, Anda dapat memperbarui menu digital Anda melalui ponsel atau laptop Anda dengan merubah status menu dari tersedia menjadi tidak tersedia sehingga pelanggan Anda tidak dapat memesan menu tersebut dan tidak merasa kecewa jika mereka sudah pesan namun secara tiba-tiba dibatalkan karena menu yang tidak tersedia.
7. Desain menu yang lebih baik
Menu digital dihadirkan untuk menciptakan pengalaman pengguna yang kuat, sehingga Anda dapat menonjolkan item yang paling populer, meningkatkan nilai pesanan, dan mengoptimalkan tingkat konversi.
8. Percantik menu dengan foto makanan/minuman
Pada buku menu, ruang pada kertas yang digunakan sangat terbatas dan menjadi salah satu alasan mengapa jarang atau bahkan tidak ada foto makanan/minuman pada buku menu. Sebanyak 80% pelanggan menentukan pilihan mereka melalui visual. Melengkapi menu Anda dengan foto hidangan Anda akan menarik perhatian pelanggan dan mendorong mereka untuk memesan menu tersebut. Dengan menu digital, Anda dapat menambahkan foto pada setiap item menu Anda tanpa takut kehabisan ruang.
9. Pengalaman pelanggan yang lebih baik
Secara keseluruhan, pelanggan Anda akan mendapatkan pengalaman yang lebih nyaman dan relax di restoran Anda. Barcode menu adalah cara tercepat dan termudah untuk melakukan pemesanan. Anda juga dapat mengalihkan prioritas pekerjaan pelayan Anda untuk hal yang lebih penting dan mengurangi kemungkinan human error. Dengan barcode menu, pelanggan memegang kendali atas pengalaman memesan. Mereka memilih apa yang ingin mereka makan dan menambahkan catatan pada pilihan mereka sendiri. Tidak ada kesalahpahaman antara pelanggan dan pelayan Anda. Tidak ada lagi catatan pelayan Anda yang tidak terbaca oleh juru masak atau bahkan pelayan Anda lupa mencatat pesanan pelanggan. Ini sangat membantu untuk daerah wisata di mana bahasa terkadang menjadi masalah antara pelayan dan turis. Konsumen telah melakukan pemesanan tanpa kontak selama pandemi. Studi terbaru tentang pemesanan tanpa kontak menunjukkan bahwa sebagian besar (80%) pengunjung restoran yang telah menggunakan alat digital untuk memesan makanan dan minuman ingin tetap menggunakannya dalam jangka panjang.
10. Mempromosikan unduhan aplikasi
Jika Anda mencetak barcode menu Anda, mengapa tidak sekalian menyertakan aplikasi restoran Anda untuk mendorong lebih banyak orang yang mengunduh? Pelanggan akan memegang ponsel mereka untuk memindai barcode menu, arti ini adalah kesempatan emas untuk aplikasi Anda dipromosikan agar mendapat lebih banyak pengunduh. Barcode menu juga dapat digunakan untuk mengarahkan pelanggan Anda langsung ke Play Store atau Apple Store untuk mengunduh aplikasi Anda. Akan lebih mudah untuk mendapatkan pengunduh baru ketika pelanggan sudah diarahkan ke Play Store atau Apple Store.
11. Memperoleh data pelanggan
Ada peluang dalam proses pemesanan melalui barcode menu untuk memperoleh dan mengumpulkan data pelanggan. Pelanggan memberikan alamat email atau nomor ponsel sebagai bagian dari proses pemesanan mereka, yang dapat Anda simpan di sistem Anda dan gunakan untuk pemasaran di kemudian hari, mendorong loyalitas dan retensi. Data adalah sumber kehidupan dari setiap bisnis yang sukses dan hal ini berlaku juga untuk Anda. Anda belajar lebih banyak tentang pelanggan Anda dari waktu ke waktu seperti apa yang mereka makan, kapan mereka makan, apa yang membuat mereka kembali lagi serta membantu Anda mengembangkan bisnis Anda.
12. Membangun brand awareness di media sosial
Saat pelanggan menelusuri menu online Anda melalui ponsel mereka, ini adalah kesempatan sempurna bagi mereka untuk berbagi tentang makanan atau brand Anda di media sosial mereka. Memberikan pengalaman yang tak terlupakan dapat mendorong pelanggan Anda untuk membagikan pengalaman itu melalui media sosial mereka. Hitung-hitung sebagai promosi pemasaran secara gratis.
Kesimpulan
Barcode menu tidak hanya memperlancar efektivitas operasional di restoran Anda saja, namun itu juga dapat menjadi solusi dari berbagai masalah pelanggan Anda hingga dijadikan sebagai alat promosi.Aplikasi kasir gratis OrderPinsiap membantu bisnis F&B Anda dengan menghadirkan fitur barcode e-menu. Fitur ini akan memungkinkan pelanggan Anda melakukan pemesanan langsung dari mejanya masing-masing hanya menggunakan ponsel pribadi mereka. Dan fitur barcode e-menu dari OrderPin juga dilengkapi dengan tombol pemanggil pelayan agar pelanggan Anda tidak perlu berteriak atau menganggan tangannya untuk mendapatkan perhatian pelayan Anda dikala bisnis Anda sedang ramai.