Anda mungkin melakukan semua kemampuan yang Anda bisa terhadap bisnis f&b Anda, tetapi melakukan hal yang tepat tidak selalu mudah. Bagaimana Anda menjadi yang terdepan dalam industri f&b yang kompetitif sambil tetap mengasah kemampuan anda untuk menciptakan produk yang baik. Dengan melakukan pemasaran yang baik dan perhatikan dari sudut pandang calon pelanggan saat mereka ingin berkunjung dan datang.
1. Dapatkan Situs Online Yang Bagus
Gambar 1: yummyadvisor.id sebagai contoh food recommendation platform
Situs online Anda harus menjadi alat penjualan dan menghasilkan calon pelanggan yang kuat. Anda dapat membagikan blog, melakukan pembaruan, dan resep yang bermanfaat untuk menarik perhatian calon pelanggan. Situs online Anda juga dapat menyertakan fitur layanan mandiri seperti pemesanan dan pembayaran, sehingga menghemat waktu Anda dan pelanggan Anda.
Menarik perhatian dengan mengintegrasikan foto dan video. Sematkan foto dan video di blog, postingan media sosial, dan email Anda untuk mendorong calon pelanggan berbagi dengan kerabatnya. Bagikan tutorial resep, klip saran praktis, perkenalan staf, dan video acara yang berlangsung di tempat Anda. Bangun kehadiran yang kuat di platform utama seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dan Instagram, dan bekerja sama dengan pembuat konten, seperti influencer media sosial, podcaster, dan blogger untuk memperluas jangkauan pemasaran Anda.
2. Optimalkan Situs Online Anda Untuk Penggunaan Seluler
Mobile Online traffic menyumbang sekitar setengah aktivitas dari semua aktivitas yang ada pada internet di seluruh dunia. Dengan situs online bisnis yang nyaman digunakan dengan handphone, Anda akan lebih mudah diakses oleh pelanggan tersebut yang menggunakan perangkat seluler. Pelanggan Anda akan merasa lebih mudah untuk melihat konten Anda, mengirimkan pesanan, melakukan pembayaran, dan berinteraksi dengan Anda dimanapun mereka berada. Tingginya aktivitas yang ada pada situs online Anda, Anda mempunyai kesempatan yang besar untuk mengoptimalkan konten terhadap tujuan Anda.
3. Integrasikan e-Commerce ke Situs Online
Dengan solusi all-in-one yang tepat, pelanggan Anda dapat dengan mudah untuk melakukan proses pembelian. Mulai dari membuat pelanggan Anda dapat melihat produk yang Anda jual, input pesanan secara online hingga melakukan pengiriman. Anda dapat dengan mudah menyesuaikan pesanan, memperbarui menu, dan membuat item menu baru yang segera hadir. Hal-hal sederhana seperti konfirmasi pesanan otomatis, penawaran cepat dan mudah, serta mempunyai catatan transaksi yang lengkap. Hal tersebut dapat membuat perbedaan besar bagi pelanggan Anda dan mendukung oprasional yang lebih efisien. Mengintegrasikan eCommerce memberi pelanggan Anda pengalaman layanan yang lebih baik, yang merupakan strategi pemasaran yang menarik.
4. Membuka Potensi Digital Marketing
Pemasaran digital atau internet mengarahkan aktivitas ke situs web Anda dan membuat orang membicarakan bisnis f&b Anda. Optimasi Mesin Pencari atau yang biasa di sebut search engine optimization (SEO), Akan mendorong Aktivitas organik ke situs Anda dengan membagikan konten atau topik yang bermanfaat dengan frasa dan kata kunci. Manfaatkan SEO untuk meningkatkan peringkat hasil pencarian Anda.
Media sosial – Bangun kehadiran dan bagikan berita, pembaruan, foto, video, dan tips bermanfaat di media sosial. Anda juga dapat membayar untuk iklan media sosial yang ditargetkan.
Bayar per klik – Iklan bayar per klik memungkinkan Anda menargetkan hasil pencarian tertentu.
Go lokal – Gunakan SEO dan tarik aktivitas lokal ke situs Anda dengan menggunakan kata kunci khusus untuk wilayah, kota, dan bahasa Anda. Misalnya, Anda dapat menargetkan frasa seperti "Rumah Makan Jakarata Selatan".
Direktori online – Tingkatkan upaya pemasaran digital Anda dengan menambahkan bisnis katering Anda ke direktori f&b online yang relevan. Anda bisa fokus pada kategori tertentu (seperti makanan vegetarian) dan area tertentu.
5. Gunakan Testimoni Dan Ulasan
Testimonial dan ulasan dapat membangun kepercayaan target pasar Anda dan kredibilitas untuk bisnis Anda. Perhatikan ulasan di blog dan konten di media sosial Anda, dan miliki halaman khusus untuk testimonial di situs online Anda.
Pantau testimonial dan ulasan di situs eksternal seperti, direktori f&b online dan platform ulasan di berbagai situs. Jika Anda mendapatkan ulasan negatif, tanggapi secara profesional dan positif sehingga pembaca mendapatkan kedua sisi cerita. Anda dapat melangkah lebih jauh dengan testimonial pelanggan dengan memberikan kompensasi atau pelayanan khusus untuk mendorong pelanggan tetap kembali menjadi konsumen.
6. Ambil Foto Secara Profesional
Jangan serahkan kepada calon pelanggan untuk memvisualisasikan apa yang akan mereka dapatkan. Berinvestasi dalam fotografi profesional dan citra hidangan khas Anda. Gunakan foto berkualitas tinggi untuk brosur, situs web, menu, dan konten pemasaran Anda mempunyai dampak visual yang kuat untuk calon pelanggan Anda. Pertimbangkan kreasi mana yang mengekspos merek Anda dan bisnis anda ingin dikenal sebagai apa. Pikirkan tentang hidangan mana yang memiliki daya tarik visual paling baik, dan apa yang paling diminta pelanggan Anda.
Saat berbagi di Instagram dan platform media sosial lainnya, gunakan ukuran gambar Anda dengan benar. Gunakan hashtag agar postingan Anda muncul di lebih banyak pencarian. Gabungkan konten Anda dengan berbagai jenis foto, video, dan cerita.
7. Percantik Produk Anda
Prioritaskan untuk membuat hidangan Anda terlihat menarik untuk di foto dan video, serta lingkungan restoran Anda. Sepiring makanan yang terlihat nikmat menjual dirinya dengan merangsang indra. Daya tarik estetika dapat menjadi proposisi nilai yang menarik bagi pelanggan yang ingin tampil mengesankan dengan makanan mereka beli. Berikut beberapa cara untuk membuat dampak visual yang kuat meliputi:
Centerpieces dan prioritaskan produk unggulan – Sertakan centerpieces yang berkesan dramatis dan ekspose produk unggulan dalam menu Anda.
Warna – Gunakan konsep warna dan nuansa yang kontras dengan latar belakang untuk menonjolkan hidangan Anda.
Tambahkan angka – Tiga, lima, dan angka ganjil lainnya membantu menggarisbawahi produk, apakah itu pangsit, roti gulung, atau bakso.
Garnish – Gunakan saus, sirup, dan bahan-bahan lainnya untuk mempercantik hidangan.
Porsi yang Kecil– Porsi yang lebih kecil adalah rahasia untuk foto dan video yang bagus.
Gambar 2: Contoh pengambilan gambar makanan yang baik
8. Kenali Target Pasar
Jika Anda tidak tahu pasar Anda, bagaimana Anda bisa memasarkan dengan strategi yang tepat? Kenali siapa target audien Anda. Pertimbangkan apakah target pasar Anda cukup besar dan relevan untuk bisnis yang berkelanjutan. Pikirkan siapa yang ada di sekitar Anda? Pasar Anda dapat mencakup kantor, keluarga dan acara pribadi, sekolah, kafe, restoran, tempat komunitas dan olahraga.
Apakah target Anda mempunyai spesialisasi dalam kategori f&b atau lebih ke arah pasar secara umum? Mungkin Anda bekerja di beberapa segmen yang berbeda. Siapa audiens ideal Anda di area yang Anda layani? Cari tahu cara berpikir mereka, pahami kebutuhan dan keuangan mereka, dan identifikasi cara terbaik untuk memasarkan kepada mereka.
9. Buat Perencanaan Bisnis
Gambar 3: Ilustrasi perencanaan bisnis
Dapatkan gambaran besar dengan rencana bisnis Anda dan bangun strategi pemasaran Anda dari sana. Sebuah rencana bisnis formal mengidentifikasi tujuan Anda, proposisi nilai bisnis, target pasar dan bagaimana Anda akan mencapai tujuan Anda. Apakah Anda mengkhususkan diri pada produk, acara, atau layanan tertentu? Bagaimana Anda lebih baik dari pesaing dan apa yang Anda lakukan untuk memberikan nilai lebih untuk pelanggan?
Proposisi nilai Anda sangat penting karena mencerminkan nilai yang Anda berikan untuk pelanggan dan bagaimana Anda lebih baik daripada pesaing. Sertakan dalam rencana Anda, elemen-elemen penting seperti riset pasar, riset pesaing, strategi branding, dan penganggaran keuangan. Ini harus mencakup secara spesifik tujuan pasar Anda serta audiens dan segmen target Anda.
10. Beri Merek Armada Pengiriman
Gunakan armada Anda (sepeda pengiriman, motor atau mobil) untuk memasarkan layanan katering Anda kepada penduduk setempat dan juga khalayak yang lebih luas. Pastikan kendaraan Anda disajikan dengan rapi, bersih dan dalam kondisi baik. Tampilkan logo Anda dengan jelas dan sertakan situs web dan nomor telepon Anda. Jika merek Anda sudah ketinggalan zaman, bekerjasamalah dengan konsultan merek untuk memperbarui logo, grafik, dan materi merek lainnya.
Gambar 4: Armada motor delivery KFC yang dicantumkan merek
Konsultan branding Anda harus dapat membantu Anda merancang grafik yang tepat dan menempatkan stiker dan bungkus kendaraan pada kendaraan Anda untuk memaksimalkan dampak. Jangan lupa untuk menjaga konsistensi branding di seluruh kendaraan Anda, bagian depan toko, brosur, dan materi pemasaran lainnya.
11. Keluar ke Dunia Nyata
Buat daftar semua orang yang dapat Anda dekati secara langsung dengan penawaran pribadi seperti, perencana pernikahan, klub golf lokal, klub otomotif, galeri seni dan museum, ruang pameran, kantor hukum, biro iklan, perkantoran, bank, toko pengantin, dan keluarga (untuk acara pribadi). Persiapkan proposal penawaran Anda dan lakukan riset agar proposal Anda kompetitif.
Dekati bisnis lokal secara langsung. Terlibat dalam bisnis lokal dan organisasi. Hadirkan bisnis Anda sebagai katering andalan mereka. Berikan kembali kepada masyarakat dengan layanan harga biaya atau gratis bagi mereka yang membutuhkan. Bekerja dengan bisnis lokal lainnya, seperti toko bunga, musisi lokal dan aula pertunjukan, rumah duka, hotel, toko minuman, dan butik perhiasan, untuk memperkenalkan penawaran Anda kepada pelanggan mereka.
12. Menjadi Peserta Pameran
Tidak ada yang lebih baik untuk menjangkau target secara massal selain di acara-acara seperti pameran dagang, konferensi, dan pekan raya. Acara serupa seperti pertemuan komunitas, pasar malam, dan festival juga merupakan peluang luar biasa untuk memperkenalkan penawaran Anda. Anda dapat memberikan sampel, menu, dan pamflet serta memberikan kesempatan kepada target Anda untuk mengajukan pertanyaan. Jelajahi acara lokal seperti pameran makanan, pameran pengantin, acara masak-memasak lokal, dan penggalangan dana komunitas tempat Anda dapat menargetkan calon pelanggan dengan menu yang spesifik.
Buat menu sampel yang lezat sehingga Anda dapat menawarkan sampel di acara pemasaran seperti pameran, pameran dagang, hari buka, dan kunjungan klien. Pastikan menu Anda hemat biaya untuk diproduksi dan cukup menarik untuk membuat kesan baik dengan target pasar Anda.
13. Berdayakan Penampilan Lokasi Fisik Bisnis Anda
Jika Anda memiliki bagian depan toko yang menarik, itu bisa menjadi pemasaran yang sangat baik, jadi manfaatkan sepenuhnya! Gunakan tanda besar yang menarik untuk menampilkan merek bisnis Anda dan biarkan lalu lintas lokal tahu apa yang Anda jual. Gunakan papan nama dan menu jika perlu. Gunakan papan tulis dan pamflet-pamflet di atas meja. Gunakan barang-barang bermerek seperti cangkir kopi dan peralatan makan yang dapat digunakan kembali.
Gambar 5: Contoh penampilan toko fisik yang sederhana namun menarik
Promosi, seperti pengundian bulanan, memungkinkan Anda menangkap detail pelanggan sekaligus menarik perhatian orang dan melakukan open house secara reguler. Berikan hidangan dengan sampel untuk calon pelanggan yang memenuhi syarat, juga merupakan cara yang bagus untuk menarik lebih banyak minat.
14. Komunikasi Dengan Pelanggan Secara Teratur
Anda harus memiliki sistem untuk tetap berhubungan dengan pelanggan yang sudah ada karena mempunyai pelanggan setia, biaya yang dikeluarkan untuk menarik kembali jauh lebih murah daripada mencari pelanggan baru. Saat berkomunikasi dengan pelanggan, pertimbangkan pendekatan berikut untuk mengoptimalkan pesan Anda:
Personalisasi - Personalisasi pesan pemasaran Anda untuk membuat pelanggan Anda merasa dihargai dan special.
Tambahkan nilai – Bagikan konten yang bermanfaat daripada hanya pesan penjualan. Misalnya, Anda dapat memberikan informasi bagi pelanggan tentang cara menggunakan situs web Anda untuk memesan dan melakukan pembayaran. Anda juga dapat berbagi informasi menarik tentang hidangan baru.
Gunakan platform yang berbeda – Jelajahi platform komunikasi yang berbeda, termasuk posting media sosial, email, dan pengiriman surat fisik.
15. Buat Siaran, Pamflet, dan Kode QR
Sebarkan berita dengan menggunakan siaran dengan media sosial. Anda dapat mendistribusikan ini melalui komunitas, koran lokal, majalah makanan, jurnal pengantin, blog makanan, dan situs web acara lokal. Beri tahu penduduk setempat tentang produk dan peluncuran baru Anda, atau bahkan pencapaian baru apa pun yang telah Anda capai seperti kemitraan dan cabang baru.
Anda juga dapat membagikan pamflet dan memasang papan nama dengan kode QR yang mengarah ke situs web Anda untuk menonjol dari kompetisi. Mengapa tidak mempekerjakan staf promosi untuk mendistribusikan ini di jalur ritel. Mintalah bisnis pelengkap lokal, dari toko pengantin hingga gedung perkantoran, untuk memajang pamflet atau selebaran Kode QR di tempat-tempat yang menonjol seperti area resepsionis penginapan, pameran dagang, pekan raya, pusat kebugaran, ruang kerja bersama, dan tempat yang bagus lainnya untuk memajang pamflet Anda.
Memenangkan Persaingan Industri
Menonjol dalam industri makanan bermuara pada kualitas layanan Anda dan bagaimana Anda memasarkan layanan itu kepada publik. Dari mengoptimalkan kehadiran online Anda, hingga cara Anda memberi merek dan memotret produk Anda, ada banyak strategi yang dapat Anda terapkan untuk menjangkau target pasar Anda.