3 Cara Memilih Lokasi Bisnis

#bisnis makanan#memulai bisnis
2023-01-04
Ketika Anda ingin membuka bisnis seperti cloud kitchen, restoran ataupun kafe, lokasi merupakan salah satu faktor yang terpenting dalam menunjang kesuksesan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa hal untuk dipertimbangkan sebelum memilih lokasi restoran Anda.
Ada beberapa pertanyaan untuk dipertimbangkan saat mencari lokasi terbaik untuk restoran Anda. Berapa banyak biaya yang bersedia Anda keluarkan untuk sewa lapak? Berapa banyak ruang yang Anda butuhkan? Apa lingkungan terbaik untuk basis pelanggan target Anda?
Tapi di luar pertanyaan dasar ini, ada pertanyaan tambahan yang sama pentingnya. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memahami mengapa lokasi restoran itu penting dan dapat mengoptimalkan pencarian Anda untuk menemukan tempat terbaik membuka toko.

1. Ketahui jenis restoran Anda

Restoran kasual/cepat saji, cloud kitchen, dan food truck semuanya memiliki kebutuhan yang sangat berbeda dalam hal strategi lokasi restoran. Untuk mengetahui yang terbaik untuk bisnis Anda, penting untuk mengetahui jenis bisnis Anda dan jenis pengalaman perti apa yang Anda ingin pelanggan Anda miliki. Berikut beberapa pertanyaan untuk ditanyakan pada diri sendiri sebelum membuka restoran:
Apakah kebanyakan pelanggan akan makan di tempat, atau membawa makanan untuk pergi? Jika tujuan Anda adalah menciptakan pengalaman yang berkesan untuk pelanggan Anda makan di restoran Anda, maka Anda memerlukan ruangan yang cukup untuk merealisasikannya. Beberapa pakar merekomendasikan, sebaiknya tempat Anda dapat mengalokasikan 60% ruang Anda untuk pengunjung dan 40% lainnya untuk operasi Anda. Namun, jika Anda tidak berencana melayani pelanggan di tempat Anda, Anda bisa lebih fleksibel.
Suasana seperti apa yang ingin Anda ciptakan? Ada banyak jenis suasana restoran, mulai dari lingkungan yang ramah, nuansa alam, klasik, hingga pengalaman pelayanan yang unik. Sebelum Anda dapat menemukan lokasi terbaik untuk mewujudkan mimpi restoran Anda, Anda memerlukan visi yang kuat untuk pengalaman yang ingin Anda ciptakan untuk pelanggan Anda. Pertimbangkan apa yang Anda perlukan untuk mendukung suasana tersebut, mulai dari lingkungan lokasi, hingga ketinggian langit-langit, akses ke pencahayaan matahari, ketersediaan tempat duduk di luar ruangan, dan masih banyak lagi.
Dimana dan bagaimana makanan akan dibuat? Dapur Anda memiliki kebutuhan khusus tergantung pada masakan yang Anda sajikan. Misalnya, apakah Anda memproduksi kue untuk pengantin? atau hanya menyiapkan pisang bakar? Untuk membayangkan denah lantai, dapur restoran, dan design yang tepat, mulailah memikirkan dengan tepat apa yang Anda perlukan dari dapur dan ruang persiapan makanan untuk membuat hidangan khas Anda.

2. Pilih lingkungan untuk restoran Anda

Lingkungan adalah hal yang berhubungan dengan pelanggan Anda, baik secara langsung maupun melalui radius pengiriman atau jangkauan bisnis Anda. Setiap lingkungan memiliki suasana atau citra yang berbeda, dan Anda harus memastikan bahwa karakter restoran Anda sesuai dengan lingkungan lokasi yang Anda pilih. Habiskan waktu di setiap area yang menjadi pilihan Anda untuk melakukan analisis dan pertimbangkan apa yang Anda lihat.
Berikut beberapa pertanyaan yang perlu dipertimbangkan saat mengembangkan strategi lokasi restoran:
Apakah ramai pada siang hari atau sepi di siang hari? Bagaimana dengan keadaan pada malam hari?
Apakah ada banyak kantor atau karyawan terdekat, perkumpulan/kerumunan untuk makan siang dan mencari pilihan tepat?
Apakah restoran tetangga menawarkan tempat dine-in, atau apakah mereka melakukan sebagian besar bisnisnya melalui pengiriman online?
Apakah ada bisnis lain di area tersebut yang menyebabkan kerumunan dan lalu lalang pelanggan, atau apakah orang biasanya berkendara ke dan dari area tersebut? Membuat opsi parkiran yang nyaman menjadi kebutuhan?
Seperti apa restoran lain di area ini? Apakah mereka serupa dengan milik Anda, atau apakah restoran Anda akan memberikan alternatif unik untuk apa yang mereka tawarkan?
Apakah ada kelompok usia atau demografis yang dominan di lingkungan sekitar? Misalnya, keluarga dengan anak-anak, pensiunan, pekerja profesional, dan kelompok lainnya yang bisa Anda ingat saat Anda dalam proses mengembangkan menu dan jam buka bisnis Anda.
Apakah musim merupakan faktor untuk lingkungan itu? Apakah orang cenderung mengunjungi lebih banyak selama waktu tertentu dalam periode tertentu? Bergantung pada cuaca atau aktivitas musiman masyarakat setempat?
Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu memberikan poin data penting tentang lingkup persaingan lingkungan, lalu lintas, jumlah pelanggan, kompetitor, peluang hingga ancaman.

3. Pikirkan detail logistiknya

Detail seperti opsi parkir dan visibilitas jalan merupakan faktor penting dalam menghubungkan pelanggan dengan bisnis Anda. Menyediakan tempat parkir yang mudah dapat menjadi hal yang membawa pengunjung ke pintu Anda, dan visibilitas jalan yang bagus dapat menarik pelanggan baru yang tidak akan menemukan Anda sebaliknya.
Luangkan waktu untuk mendalami detail seperti berikut ini saat menemukan lokasi terbaik untuk restoran Anda:
Apakah lokasi ini mudah untuk diakses? Jika Anda berencana untuk menjamu pengunjung di lokasi, Anda harus memastikan bahwa tempat Anda mengundang dan dapat diakses oleh semua orang. Saat Anda melihat lokasi dan membayangkan tata letak yang berpotensial, Anda harus memikirkan apakah lokasi tersebut akan memungkinkan Anda untuk mencapai target pasar Anda. Poin ini adalah bonus tambahan, jika Anda dapat menemukan tempat dengan opsi transportasi dan parkiran yang baik untuk pelanggan berkunjung ke tempat Anda.
Akankah lokasi ini memberikan Anda eksposur yang baik? Pikirkan, berapa kali Anda menemukan restoran dan Anda sangat menyukainya? Sekarang pikirkan dimana restoran itu berada. Penampilan depan toko Anda merupakan salah satu hal penting yang dapat membuat pelanggan yang lapar dan mengubahnya menjadi pelanggan tetap.
Apakah orang-orang di lingkungan Anda tertarik dengan produk Anda? Saat melihat lingkungan sekitar, Anda perlu menilai tidak hanya apakah tempat usaha Anda cocok, tetapi juga apakah penduduk setempat tertarik atas makanan yang Anda buat. Berfokuslah pada permintaan, bicaralah dengan penduduk setempat, dan lakukan riset pelanggan untuk menentukan bagaimana tanggapan penduduk setempat terhadap menu dan penawaran Anda. Sulit untuk memprediksi perilaku pelanggan dengan sempurna, tetapi Anda harus bertujuan untuk pindah ke tempat di mana penduduk sekitar sangat menantikan kedatangan Anda sehingga Anda selalu dapat mengandalkan bisnis Anda.