Bagaimana cara melakukan pemasaran online yang baik?
Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa terkadang restoran yang berlokasi strategis memiliki lebih sedikit pelanggan daripada restoran yang lebih terpencil? Selain perbedaan produk, faktor penting lainnya adalah kemampuan pemasaran online yang berbeda. Semakin bagus kemampuan pemasaran online, secara umum semakin banyak pelanggan yang bisa Anda dapatkan. Sekarang mari kita bicara tentang pemasaran digital di industri f&b, mulai dari empat aspek sederhana berikut:
Pengumpulan dan pemanfaatan data pelanggan
Penggunaan media sosial
Mekanisme online reward
Ulasan Google
1. Pengumpulan Dan Pemanfaatan Data Pelanggan
Dibandingkan dengan sebagian besar industri yang menghadap pelanggannya secara langsung, sebagian besar restoran atau cafe jarang berpikir bahwa mempunyai data pelanggan merupakan hal yang penting bagi bisnisnya. Banyak hal baik yang akan didapatkan untuk bisnis Anda ketika data dari pelanggan yang sudah dikumpulkan secara rutin dipergunakan dan diolah dengan baik. Untuk industri F&B, pengumpulan dan pemanfaatan data pelanggan adalah langkah awal yang baik dari mengikat pelanggan Anda secara nyata.
Gambar 1: Pelanggan di sebuah restoran yang dapat anda dapatkan datanya
Ada banyak manfaat dari membangun dan menyempurnakan database pelanggan. Anda dapat berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan secara langsung, seperti memberitahu mereka tentang beberapa penawaran terbaru, rilis Produk baru, dan perubahan lokasi dan lainnya. Sederhananya, hal ini dapat membantu Anda saat restoran Anda mengalami sesuatu seperti perubahan lokasi. Sebaiknya, pengumpulan dan pemanfaatan data pelanggan seharusnya menjadi salah satu rutinitas penting untuk bisnis Anda sekarang.
Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk memulainya:
Formulir online- Sangat tidak efisien saat jika anda meminta data pelanggan di tempat secara langsung, pelanggan Anda tidak akan berkenan untuk berhenti makan dan mendengarkan Anda berbicara. Formulir online menjadi solusi yang paling efisien karena pelanggan dapat mengisinya sendiri dan akan merasa lebih leluasa. Anda dapat meletakkan QR code di lokasi tertentu atau pada masing-masing meja, dengan tujuan agar pelanggan mudah mengakses formulir tersebut
Minta data terpenting- Pelanggan akan merasa tidak nyaman ketika Anda meminta data pribadi terlalu banyak. Dalam hal ini, jangan meminta lebih dari dua data pribadi mereka (selain nama pelanggan), namun data yang paling dibutuhkan setiap bisnis f&b belum tentu sama. nomor telepon pelanggan yang terhubung ke aplikasi whatsapp merupakan data yang paling penting untuk didapat. Melalui data tersebut, Anda dapat mengirimkan berbagai informasi untuk pelanggan. Lalu untuk meminta data berikutnya anda harus berfikir data apa yang Anda butuhkan? apakah alamat, umur, pekerjaan dan lainnya. Hal tersebut bergantung pada tujuan dari pengolahan data yang akan anda lakukan.
Tawarkan keuntungan- Tidak ada hal yang lebih menarik untuk mendorong pelanggan mau memberikan data pribadi mereka melalui formulir online selain menawarkan keuntungan lebih yang Anda tawarkan. Keuntungan yang Anda tawarkan tentunya perlu dipertimbangkan dari berbagai aspek. contoh sederhananya seperti, ketertarikan pelanggan atas keuntungan yang Anda berikan, biaya yang diperlukan untuk memberikan keuntungan tersebut, hingga efek jangka panjang dari keuntungan yang Anda berikan kepada pelanggan. Buat keuntungan ini semanarik mungkin dan berdampa baik bagi bisnis Anda.
Melindungi privasi pelanggan- Tentu saja semua ini harus dilakukan dengan cara yang baik di mata masyarakat dan legal di mata hukum. Namun yang lebih penting lagi adalah menjaga data tersebut tetap aman dan tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
2. Penggunaan Media Sosial
Mempromosi industri f&b melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram dann Tiktok, sangat efisien dan efektif mengingat penggunanya semakin bertambah. Seperti yang terlihat pada gambar 2, Orang-orang menggunakan media sosial terutama untuk berbagi kegiatan seperti aktivitas sehari-hari, rekreasi dan hiburan. Sering ditemukan seseorang mengambil foto atau video makanan yang siap untuk mereka santap. Kegiatan tersebut membuktikan bahwa terjadinya korelasi yang kuat antara industri f&b dengan media sosial.
Gambar 2: Pelanggan mengambil foto makannya untuk di posting di media sosial
Secara tidak langsung, kegiatan tersebut merupakan ajang promosi gratis bagi pelaku bisnis melalui cara yang dinamakan Worth of mouth (WOM). Worth of mouth (WOM) adalah suatu aktivitas yang mana konsumen memberikan informasi mengenai suatu merek atau produk kepada konsumen lain (Ratna Dwi Kartika Sari, 2012). Dengan seperti itu jika fenomena itu terjadi pada bisnis Anda, akan sangat mudah bagi Anda untuk mendapatkan eksposur dan meraih pelanggan baru setiap saat. Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana cara mengelola media sosial yang efektif?
Berikut adalah dua cara sederhana untuk mengelola media sosial dengan baik:
Terus ingatkan kelebihan Anda- Ketahuilah kekuatan atau nilai penting dari bisnis Anda dan biarkan hal tersebut terus diingat oleh pelanggan Anda. Pertama-tama, pelaku bisnis harus mengetahui dengan jelas apa keunggulan produknya yang disukai oleh pelanggan seperti, makanan yang disajikan, pelayanan, suasana lokasi, lokasi secara geografis dan lainnya. Keunggulan ini perlu terus dipublikasikan secara teratur dan menarik agar pelanggan anda dapat selalu mengingat restoran Anda setiap kali mereka melihat promosi yang anda bagikan bahkan ketika mereka melihat promosi sejenis di restoran lain.
Bagikan konten yang bermanfaat- Buat konten media sosial Anda dengan konten yang beragam, menarik dan bermanfaat bagi pelanggan. Tidak peduli seberapa unik atau kreatif dari foto hidangan dan minuman Anda, terlalu banyak memposting dapat menyebabkan penurunan impresi pelanggan serta siklus berulang yang dapat menyebabkan efek yang membosankan bagi pelanggan. Metode lain seperti foto pelanggan anda, ulasan makanan, tips mengelola bahan baku hingga konten mengenai kegiatan sosial yang anda lakukan akan menjadi sumber daya tarik yang bagus untuk pembuatan konten yang mendorong diversifikasi.
Bekerja sama dengan influencer- Mendapatkan eksposur untuk memperkuat citra merek dan untuk menyadarkan pelanggan atas keberadaan bisnis Anda, dapat dengan cepat dilakukan dengan bekerja sama dengan influencer. “Melalui media sosial, website dan blog, influencer dan blogger dapat menciptakan reputasi tentang suatu topik menurut keahlian yang dikuasainya” (Wilis, 2022). Bekerjasama dengan influencer bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu, membayar sesuai kebutuhan, bagi hasil atas pencapaian tertentu, bahkan Anda bisa mendapatkannya hanya dengan menyiapkan produk jika influencer tersebut sangat menyukai produk anda.
3. Membuat Mekanisme Giveaway
Gambar 3: Poster mekanisme giveaway yang dilakukan oleh KopiWae Ciputat
Banyak bisnis f&b yang menggunakan mekanisme ini untuk mendorong pelanggan berpartisipasi dalam aktivitas online dan offline untuk meningkatkan kesadaran pelanggan akan keberadaan bisnis dan popularitas secara online. Namun, membuat pelanggan terlibat secara aktif tidak hanya bergantung pada besaran nilai hadiah, mekanisme giveaway itu sendiri sangat penting untuk di pertimbangkan. Mekanisme penghargaan yang baik dapat menarik antusiasme pelanggan dalam jangka yang panjang, partisipasi berulang dalam kegiatan bisnis di masa yang akan datang, dan menjadi pelanggan setia. Mekanisme penghargaan yang dirancang tidak tepat, dapat menjadi bumerang yang buruk dan merubah citra merek bisnis Anda. Lalu, bagaimana merancang mekanisme penghargaan yang baik?
Proses dan ketentuan yang sederhana- Langkah-langkah kegiatan harus sederhana dan jelas bagi pelanggan. Banyak pedagang yang berharap untuk mendapatkan partisipasi pengguna dalam berbagai aspek dan mengikuti semua tahapan yang telah dirancang, tetapi mereka tidak tahu bahwa setiap langkah tambahan akan menghambat antusiasme pelanggan untuk berpartisipasi. Oleh karena itu, fokuslah kepada perilaku pelanggan yang paling Anda untuk menunjang tujuan bisnis Anda. Intensi yang didapatkan dari pelanggan harus baik dan mudah untuk dimengerti. Disarankan bahwa saat merancang mekanisme hadiah, cobalah untuk tidak melebihi dua langkah dan memberikan hadiah yang mempunyai nilai di mata pelanggan tanpa memberikan banyak syarat dan proses yang panjang.
Giveaway secara cuma-cuma- Hindari membuat mekanisme insentif secara cuma-cuma atau gratis. Meskipun semua pelanggan menyukai hal-hal yang bersifat gratis, disisi lain pelanggan juga mempertanyakan dan tidak yakin terhadap hal-hal yang diberikan secara gratis.
4. Kembangkan pertahanan terakhir - Google Business Profile
Google banyak digunakan untuk menunjang berbagai aspek bagi kehidupan masyarakat. Ketika orang ingin bertanya, mencari sesuatu, melihat lokasi tujuannya, sudah menjadi kebiasaan pelanggan untuk melihat Google terlebih dahulu. Dalam konteks ini, sangat memungkinkan bagi calon konsumen Anda untuk mencari rekomendasi tempat makan yang mereka ingin tuju melalui Google. Ketika calon pelanggan Anda ingin menentukan tujuannya, hal yang pasti dipertimbangkan adalah lokasi, foto tempat hingga produk yang anda jual dapat mereka lihat di halaman Google.
Gambar 4: Profil google bisnis KopiWae Ciputat dengan berbagai informasi
Sangat penting bagi pelaku bisnis f&b untuk sadar dan mengetahui akan hal ini. Anda harus mengelola dan mengembangkan profil Google bisnis Anda. Berikut beberapa cara sederhana untuk mengelola profil Google bisnis Anda:
Kelengkapan informasi- Pada halaman profil google bisnis, terdapat banyak informasi yang dapat anda masukan ke dalamnya. Informasi yang dapat Anda masukan mulai dari, nama toko, jam operasional, foto-foto, menu, kategori toko, nomor telepon toko, fasilitas, online delivery platform, hingga deskripsi toko Anda. Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk memberikan informasi selengkap lengkapnya di halaman google bisnis Anda. dengan informasi yang lengkap, pelanggan dengan mudah mengetahui dan mengenal toko Anda dengan baik. Jelas dan lengkapnya informasi yang mereka dapat, sangat mempengaruhi keputusan yang akan ditentukan calon pelanggan dalam waktu dekat.
Kelola ulasan pelanggan- Pelanggan Anda akan sangat mudah untuk memberi ulasan pada halaman google bisnis toko Anda. Tidak ada batasan akses untuk mereka memberi ulasan, Pelanggan Anda dapat mengunggah foto yang mereka ambil dan memberikan penilaian berupa bintang dengan skala satu hingga lima. Penilaian dan ulasan dari pelanggan Anda akan sangat mempengaruhi calon pelanggan Anda untuk mengambil keputusan. Pengelolaan yang baik diperlukan untuk menjadi penilaian rendah maupun komentar buruk dari pelanggan Anda. Aktif untuk membalas ulasan yang diberikan pelanggan, jika mereka memberikan komentar positif, balaslah dengan ucapan terima kasih yang berkesan. Namun jika sebaliknya, pelanggan Anda memberikan ulasan yang negatif, Anda harus membalasnya dengan profesional dan meminta maaf atas ketidaknyamanannya. Jelaskan juga apa yang sebenarnya terjadi dan berikan mereka komplimen atas hal yang membuatnya tidak nyaman. Dengan seperti itu calon pelanggan yang melihatnya, mendapatkan sudut pandang lain, tidak hanya dari sisi pelanggan Anda.
Keep updated- Tunjuklah karyawan Anda untuk berdedikasi mengelola profil google bisnis bisnis Anda. Dengan begitu akan memudahkan Anda dan akan ada orang yang bertanggung jawab untuk mengelolanya. Selalu perbaharui informasi jika ada perubahan pada kenyataan untuk menghindari kesalahpahaman. Pantau dan balas selalu ulasan yang diberikan oleh pelanggan. Masukan foto-foto terbaru dari toko anda, bisa dengan foto pelanggan Anda, acara yang baru saja dibuat hingga pembaruan foto dari produk Anda.
Kesimpulan:
Keunggulan digital marketing di industri f&b adalah anggaran yang mudah dikontrol, dan sasarannya audien bisa lebih akurat. Misalnya, iklan di platform seperti Google atau Facebook dapat ditargetkan ke grup target dengan karakteristik tertentu dalam wilayah geografis yang spesifik. Hal ini merupakan tingkat ketepatan yang tidak dapat dilampaui oleh media tradisional seperti surat kabar, majalah dan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk mengerjakan pemasaran online dengan baik.