6 Cara Promosi Online Terbukti Efektif

#Tingkat Lanjutan #Insight Pemasaran #promosi online #pengertian promosi online
2023-01-30
Melakukan promosi secara online merupakan cara promosi yang paling efektif untuk tujuan tertetu, berikut 6 cara melakukan promosi online yang efektif
Bagi pebisnis, melakukan promosi produk sudah menjadi sebuah hal yang wajib ketika menjalankan suatu bisnis. Dengan melakukan promosi yang tepat, penjualan produk bisa semakin meningkat, baik secara kuantitas maupun nilai penjualan. Makin tinggi angka penjualan, makin banyak pula keuntungan yang Anda Dapatkan.
Saat ini, salah satu cara promosi produk yang terbukti efektif adalah dengan melakukan promosi secara online. Selain efektif, promosi online juga jauh lebih mudah, harganya murah, dan hasilnya bisa lebih terukur. Maka dari itu, Anda harus bisa menguasai cara promosi produk secara online agar bisnis Anda mempunyai peluang berkembang yang lebih besar. Lalu bagaimana caranya? Berikut enam cara sederhana untuk mempromosikan produk Anda secara Online

1. Menggunakan E-commerce

Anda dapat bergabung dengan e-commerce dan memanfaatkan platform tersebut sebagai media promosi produk Anda. Secara tidak langsung, ketika toko dan produk Anda terdaftar di e-commerce, Anda memiliki kesempatan untuk toko atau produk Anda dilihat oleh calon pelanggan Anda. Hal tersebut bisa terjadi ketika kata kunci yang dimasukan oleh calon pelanggan, sesuai dengan nama toko atau nama produk Anda e-commerce tersebut.
Oleh karena itu berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat toko atau produk Anda di e-commerce menarik:
Nama: Pemberian nama toko, nama produk, hingga deskripsi, merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan kemungkinan barang Anda terlihat oleh calon pelanggan. Ketahuilah kata kunci apa yang biasa digunakan oleh calon pelanggan Anda ketika ingin membeli produk sejenis yang Anda jual.
Deskripsi: Deskripsi barang yang baik itu dapat menggambarkan dan menjelaskan secara detail baik dari segi kondisi, spesifikasi, ukuran, hingga cara pakai produk yang Anda jual. Buatlah sejelas mungkin dan seringkas mungkin, untuk menarik perhatian dan meyakinkan pelanggan Anda.
Komunikasi Lancar: Berkomunikasi dengan pelanggan Anda, merupakan kunci dari sebuah kepercayaan pelanggan. Lantas, selain Anda harus merespon pelanggan Anda dengan cepat, komunikasi seperti permintaan pendapat tentang produk Anda dan masukan pelanggan, menjadi tidak kalah penting untuk membuat komunikasi yang lancar
Promosi: Promosi yang dimaksud disini adalah promosi berupa iklan atau kata kunci yang disediakan langsung oleh e-commerce. Promosi ini pada umumnya memiliki biaya murah dan mudah untuk digunakan. Melalui promosi ini, Anda akan mendapatkan eksposur lebih.

2. Memanfaatkan Media Sosial

Cara mempromosikan produk atau bisnis Anda secara online yang kedua adalah melalui media sosial. Media sosial yang sekarang paling diminati oleh masyarakat Indonesia adalah Instagram, TikTok, Facebook, Twitter dan Youtube. Pada umumnya masing-masing media sosial mempunyai karakter penggunanya sendiri, seperti instagram dan tiktok yang lebih diminati oleh kalangan remaja dan facebook merupakan media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang tua. Untuk mengoptimalkan promosi menggunakan sosial media, Anda harus mengetahui seluk-beluk dan algoritma dari masing-masing media sosial yang akan Anda gunakan. Dengan itu, diharapkan Anda mendapatkan hasil yang lebih optimal. Sebagai contoh, Anda harus memperhatikan hal seperti seberapa sering upload konten dalam seminggu, waktu yang tepat untuk posting konten, konten apa yang cocok untuk produk Anda, hingga memperhatikan komentar di setiap postingan Anda. Untuk hasil yang lebih optimal lagi, Anda dapat mengiklankan konten Anda di platform tersebut untuk menciptakan eksposur yang lebih. Seperti facebook ads yang bisa Anda gunakan pada instagram dan facebook. Melalui facebook ads, Anda dapat menentukan biaya, jarak radius audien Anda, perilaku pelanggan dan lainnya.

3. Kolaborasi dengan Influencer

Ada juga cara promosi produk online yang banyak dimanfaatkan oleh berbagai jenis bisnis, yaitu dengan berkolaborasi bersama influencer. Cara ini juga bisa menjadi alternatif saat Anda masih mengembangkan media sosial bisnis Anda. Dengan bantuan influencer, maka Anda akan bisa menjangkau banyak audiens tanpa perlu menunggu rate media sosial Anda naik terlebih dahulu dan membutuhkan waktu lama.
Selain itu, pastikan juga Anda memilih influencer yang bisa merepresentasikan produk Anda dengan baik dan mempunyai dampak yang nyata sesuai dengan yang Anda harapkan. Sederhananya, pilihlah influencer yang paling sesuai untuk membawakan produk Anda ke ranah publik. Anda juga bisa memilih influencer yang memiliki hobi yang selaras dengan produk Anda.
Misalnya, jika Anda jualan peralatan masak, maka Anda bisa menggandeng influencer seperti chef jebolan kompetisi masak di TV dan selebriti chef. Atau jika Anda menjual kerudung, pilihlah influencer wanita dengan pembawaan dan kebiasaan yang sesuai dengan pakaian tersebut. Untuk mulai berkolaborasi dengan influencer, lebih baik Anda memulainya menggunakan platform seperti allstar atau sociabuzz agar Anda bisa menganalisis efektivitasnya.

4. Perhatikan SEO dalam Membuat Konten

Cara promosi produk online yang berikutnya adalah dengan mengoptimalkan SEO. SEO atau Search Engine Optimization saat ini banyak digunakan untuk mempromosikan website atau blog bisnis. Jika Anda ingin website bisnis Anda muncul di hasil pencarian teratas Google Search, maka Anda harus bisa membuat konten yang ramah dengan SEO.
Misalnya, katakanlah Anda berjualan peralatan mobil. Ketika orang mencari informasi dengan keyword ‘dongkrak mobil murah’, website Anda harus muncul di hasil pencarian teratas. Anda bisa menggunakan jasa sebuah digital marketer atau jasa SEO terpercaya untuk bantu kembangkan SEO pada website Anda. Namun, apabila Anda sudah paham, maka Anda tidak perlu mencari bantuan pihak lain lagi.

5. Google Ads

Next, ada cara promosi produk online yang cukup mudah, yaitu dengan menggunakan Google Ads. Google Ads dapat menampilkan bisnis Anda kepada calon pelanggan Anda saat mereka menelusuri bisnis terkait melalui google search dan google maps. Anda dappat membayar sesuai dengan hasil yang Anda inginkan seperti berapa klik untuk menuju website Anda atau berapa orang yang menelfon Anda karena melihat iklan google ads.
Misalnya, masih berhubungan dengan poin sebelumnya terkait pencarian ‘dongkrak mobil murah’, Google akan menampilkan hasil pencarian berupa gambar produk beserta harganya. Dari situ, Anda bisa membuat website toko online Anda muncul sebagai pencarian teratas. Cara promosi produk online seperti ini lebih praktis dan instan daripada menggunakan SEO. Namun, Anda harus mengeluarkan sedikit biaya lebih untuk membuat Google Ads seperti ini

6. WhatsApp Business

WhatsApp biasanya digunakan oleh masyarakat umum sebgai media bertukar pesan. Namun, saat ini, WhatsApp telah meluncurkan fitur baru, yaitu WhatsApp Business yang bisa Anda gunakan sebagai cara mempromosikan binis Anda secara online dan praktis.
Pastikan Anda menyimpan nomor telfon pelanggan Anda yang potensial agar status Anda bisa dijangkau oleh lebih banyak audiens. Selain itu, Anda juga bisa melengkapi profil WA Business agar terlihat lebih profesional. Misalnya memasang foto profil yang menarik, mengisi jam operasional toko, melengkapi katalog produk beserta foto real produknya, serta mengatur auto text untuk membantu Anda memberikan layanan fast respond
Itulah beberapa cara promosi produk online yang bisa Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis Anda. Jadi, dari keenam cara di atas, mana yang sudah Anda coba? Jika belum, semoga ulasan di atas bisa membantu Anda melakukan promosi produk secara optimal, ya!
Baca nanti