8 Aplikasi Manajemen Restauran di Tahun 2023

#manajemen restoran #aplikasi kasir #aplikasi manajemen restoran
2023-01-04
Industri restoran berubah sangat cepat, dan untuk mengimbangi transformasi, Anda perlu berinvestasi dalam teknologi baru dan yang akan datang. Pembelian aplikasi manajemen restoran adalah salah satu cara untuk melakukannya.
Jika Anda pemilik bisnis F&B, Anda memerlukan aplikasi manajemen restoran untuk operasi bisnis dan membuka potensi pendapatan pada tahun 2023. Aplikasi ini memungkinkan Anda memusatkan berbagai aspek bisnis aktivitas sehari-hari restoran Anda, seperti menerima pesanan online, mengelola penggajian, dan melacak kinerja.
Keputusan untuk memilih aplikasi manajemen restoran yang tepat untuk penyiapan Anda mungkin tidak mudah. Tergantung pada beberapa faktor, seperti pengalaman pengguna hingga fungsionalitas. Namun Anda tidak perlu khawatir, kami akan membantu Anda memilih aplikasi manajemen restoran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Sistem POS

Selama beberapa tahun terakhir, sistem POS telah menjadi bentuk perangkat lunak manajemen restoran yang paling kuat untuk industri restoran. Perangkat lunak manajemen ini antara lain dapat memproses pembayaran kartu kredit, mencetak kuitansi, dan menampilkan informasi pada layar yang ramah pengguna. Dengan kemajuan di bidang teknologi, sistem POS PC yang besar dengan cepat beralih ke tablet praktis, seperti iPad, menjadi lebih portabel. Contoh POS gratis yang dapat Anda gunakan seperti OrderPin.
Ketentuan memilih sistem Sistem POS restoran
Ini harus mudah digunakan karena sistem yang membutuhkan pelatihan ekstensif dapat menyebabkan kebingungan bagi karyawan.
Mengingat bahwa sistem POS yang baik bisa sangat mahal, Anda harus memastikan bahwa itu dapat menangani volume bisnis dan spesifikasi restoran Anda untuk menjadikannya pembelian yang masuk akal.
Selain perangkat lunak, Anda perlu mendapatkan komponen perangkat keras yang diperlukan, termasuk monitor dan terminal portabel yang harus dihubungkan ke unit utama.
Itu harus memiliki semua program yang diperlukan untuk perhitungan front-of-house dan back-of-house, seperti pelacakan keuangan, laporan inventaris, dll.

2. Sistem Reservasi Restoran

Restoran perlahan-lahan beralih dari metode pemesanan pena dan kertas tradisional ke sistem reservasi restoran. Itu membuat operasi restoran sehari-hari Anda sangat mudah dan menciptakan pengalaman pelanggan yang jauh lebih baik. Pelanggan dapat memasukkan informasi mereka melalui aplikasi seluler, widget web, atau antarmuka situs web, alih-alih memasukkan informasi secara manual dalam bentuk fisik.
Ketentuan memilih sistem reservasi restoran
Harus menawarkan ketentuan untuk menyimpan semua informasi restoran di cloud daripada di sistem lokal untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih cepat.
Itu harus memiliki sistem manajemen meja yang intuitif, memungkinkan restoran Anda menerima pemesanan melalui berbagai saluran.

3. Perangkat Lunak Manajemen Inventaris

Sistem manajemen inventaris yang baik akan memberikan gambaran yang jelas dan akurat tentang status inventaris stok Anda, merubah pemeriksaan inventaris manual yang lama dan banyak kesalahan manusia. Perangkat lunak restoran otomatis ini akan memastikan tingkat stok yang memadai pada waktu tertentu.
Ketentuan memilih perangkat lunak manajemen inventaris
Harus dapat memberikan perkiraan tingkat pesanan inventaris yang akurat sehingga tidak terjadi overstocking atau understocking.
Harus membuat laporan yang memberi informasi tentang produk mana yang menghasilkan penjualan dan mana yang tidak.

4. Software Akuntansi Restoran

Menjalankan bisnis restoran seringkali banyak orang mengabaikan aspek penting dari bisnis – akuntansi restoran. Tanpa pengawasan akuntansi yang memadai, sebuah restoran pasti akan gagal. Di sinilah perangkat lunak akuntansi restoran berperan, yang relatif lebih murah daripada menyewa seorang akuntan atau terkadang bahkan gratis. Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Jurnal.id atau Odoo.
Ketentuan memilih software akuntansi restoran
Harus menghasilkan laporan yang memberi informasi mengenai posisi keuangan Anda.
Itu harus menyimpan semua informasi di cloud sehingga Anda dapat dengan mudah mengaksesnya dari mana saja.

5. Perangkat Lunak Pemesanan Online

Era pasca-Covid telah memaksa restoran untuk mengandalkan perangkat lunak pemesanan online. Pelanggan sudah terbiasa memesan makanan dari rumah mereka, yang membuat restoran tidak punya pilihan lain selain menggunakan perangkat lunak pemesanan online. Karena pergeseran preferensi konsumen ini, semakin banyak restoran yang mulai menggunakan perangkat lunak pemesanan online.
Ketentuan memilih software pemesanan online
Harus mudah dimengerti pelanggan
Harus memungkinkan restoran Anda menerima pesanan melalui berbagai saluran.

6. Perangkat Lunak Analisis Restoran

Perangkat lunak analitik restoran membantu Anda mengidentifikasi berbagai jalan peningkatan efisiensi di restoran Anda. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk mendalami berbagai aspek bisnis Anda sehingga Anda dapat mencapai tujuan Anda, seperti meningkatkan penjualan, meningkatkan produktivitas staf, memotong biaya operasional, atau mengidentifikasi penipuan.
Ketentuan memilih software analitik restoran
Harus dapat menyimpan data pelanggan, yang dapat digunakan untuk membuat profil tamu yang disesuaikan dan dianalisis untuk memahami klien Anda.
Harus memberikan informasi tentang setiap staf – siapa yang bekerja dengan baik dan siapa yang tidak.

7. Perangkat Lunak Loyalitas Restoran

Anda dapat membeli perangkat lunak loyalitas restoran secara terpisah. Perangkat lunak ini dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam operasi Anda untuk menangkap informasi penting pelanggan yang dapat Anda proses untuk merancang hadiah yang dipersonalisasi. Pembelian software loyalitas restoran memang bisa dilihat sebagai investasi strategis.
Ketentuan memilih software loyalitas restoran
Harus memungkinkan pelanggan untuk pergi tanpa kartu dengan menyimpan semua informasi terkait program loyalitas di ponsel mereka, memastikan kenyamanan maksimal.
Harus menawarkan fleksibilitas yang memadai untuk merancang hadiah yang memenuhi kebutuhan spesifik bisnis Anda dan membuatnya lebih menarik bagi pelanggan.
Harus dapat menangkap informasi pelanggan yang terperinci, yang dapat Anda gunakan untuk memahami perilaku pelanggan dan merancang sistem penghargaan yang benar-benar memotivasi pembelian pelanggan.

8. Perangkat Lunak Pemasaran Media Sosial

Ukuran pengikut media sosial meningkat dari hari ke hari, dan dengan setiap wajah baru muncul peluang bagi Anda untuk menjangkau pelanggan baru. Anda harus berinteraksi dengan pelanggan Anda dan mempromosikan brand Anda di antara mereka menggunakan media sosial. Di sinilah perangkat lunak pemasaran media sosial cocok dengan skema Anda.
Ketentuan memilih perangkat lunak pemasaran media sosial
Dapat membantu Anda menciptakan peluang bisnis dengan mengelola kampanye online di akun media sosial restoran Anda.
Harus menghasilkan laporan yang menangkap kinerja kampanye, memungkinkan Anda untuk secara akurat mengukur laba atas investasi dari kampanye media sosial.

Kesimpulan

Industri restoran berubah sangat cepat, dan untuk mengimbangi transformasi, Anda perlu berinvestasi dalam teknologi baru dan yang akan datang. Anda membutuhkan ketangkasan dan ketelitian untuk bekerja lebih efisien dan menjaga diri Anda tetap dalam perlombaan di pasar restoran yang berkembang. Pembelian aplikasi manajemen restoran adalah salah satu cara untuk melakukannya.
Baca nanti