Untuk bisnis apa pun saat ini, pemasaran online sangat penting. Dengan lebih dari dua pertiga populasi dunia beranjak online, web kini menyediakan tempat yang ideal bagi bisnis untuk menampilkan dagangan, termasuk restoran.
Pemasaran digital restoran mendekatkan hubungan antara calon pelanggan baru dan tim restoran yang siap menyambut mereka di dalam ruangan. Bagian terbaiknya adalah solusi ini hemat biaya. Dalam beberapa kasus, bahkan gratis. Platform seperti Google, Facebook, Instagram, dan situs berbasis profesional (seperti LinkedIn) memungkinkan Anda membuat profil dan daftar bisnis di situs mereka tanpa biaya.
Kunci kehadiran online restoran adalah pemasaran digital makanan. Berikut akan kami rangkum secara lengkap mengenai pemasaran digital untuk restauran di tahun 2023
Apa itu Pemasaran Digital?
Pemasaran digital sangat sederhana untuk dipahami. Di dunia yang sangat terhubung saat ini (yaitu, era informasi), bisnis seperti perusahaan media sosial membantu menciptakan platform untuk bisnis individu, restoran, maupun perusahaan makanan, untuk mengiklankan layanan mereka secara online.
Dalam arti tertentu, pemasaran digital restoran adalah model bisnis yang sangat cocok dengan ekonomi online saat ini. Restoran dengan strategi pemasaran digital bawaan akan mendapatkan pengakuan yang lebih besar dari pelanggan; terlebih lagi, lebih dari 4,26 miliar orang menggunakan media sosial di seluruh dunia dan angka ini terus bertambah.
Tak perlu dikatakan bahwa pemasaran digital restoran penting bagi pelanggan baru baik muda maupun tua, berharap untuk meneliti, mempelajari, dan menemukan semua yang ingin mereka ketahui tentang bisnis makanan Anda.
Mengapa Pemasaran Digital Diperlukan?
Transformasi digital terus mengubah kehidupan setiap orang karena teknologi membawa kemajuan dalam cara orang hidup, bekerja, makan, dan bahkan tidur. Karena internet mengambil alih hampir setiap aspek bisnis, industri restoran perlu mengikuti inovasi ini agar tetap kompetitif.
Pemasaran digital untuk restoran membantu menargetkan pelanggan online. Selain itu, ini adalah salah satu bentuk pemasaran yang paling hemat biaya yang tersedia. Beberapa alasan pemasaran digital sangat penting bagi restoran meliputi:
Peningkatan jangkauan pelanggan potensial
Menurunkan biaya akuisisi dan retensi pelanggan
Menempatkan Anda langsung berhubungan dengan pelanggan
Pemasaran online melengkapi bisnis secara keseluruhan
Pemasaran digital untuk restoran memberi pendirian Anda koneksi bisnis penting. Ini memberi pelanggan cara untuk meninggalkan ulasan tentang bisnis Anda. Itu akan membantu Anda menjawab pertanyaan atau masalah apa pun dari pelanggan Anda (potensial atau yang sudah ada). Ulasan dapat meningkatkan reputasi restoran Anda saat pelanggan yang puas memposting tentang betapa hebatnya makanan dan pelayanan restoran Anda.
8 Ide Pemasaran Digital untuk Restauran
Saat memetakan strategi pemasaran digital restoran Anda, 8 metode untuk menjangkau pelanggan Anda terbukti efektif untuk perusahaan makanan. Pemasaran digital untuk restoran tidak semudah industri lain. Sukses mengharuskan pemilik menggunakan 8 strategi ini secara efektif.
1. Daftar ke Google My Business
Jika restoran Anda mulai mengembangkan strategi pemasaran digital, langkah pertama Anda adalah membuat listingan Google My Business dengan mesin pencari populer. Google menawarkan layanan ini secara gratis dan memungkinkan bisnis Anda muncul di hasil pencarian Google dan Google Maps. Anda dapat:
Berikan informasi kontak penting kepada pelanggan
Bantu pelanggan menemukan tempat usaha Anda dengan mudah
Gunakan daftar ini untuk meningkatkan SEO lokal Anda
Tampilkan gambar tambahan dari hidangan dan minuman Anda
OrderPin dapat membantu Anda dalam membuat website pribadi dan meningkatkan peringkat Google Anda melalui optimalisasi SEO. Selain layanan ini 100% gratis, Anda dapat melengkapi semua informasi restoran Anda hanya melalui satu aplikasi saja, mulai dari jam buka, lokasi, hingga menu dan otomatis akan sinkron dengan informasi bisnis Anda di Google juga.
2. Membuat akun media sosial bisnis
Selengkap mungkin, dan identifikasi akun bisnis online Anda dengan kata kunci (restoran, jenis masakan) dan isi semua detail yang diperlukan pelanggan untuk menemukan Anda seperti alamat, nomor telepon, dan email agar mereka dapat langsung menghubungi Anda.
3. Membangun website
Restoran Anda membutuhkan situs web. Saat ini, perusahaan yang tidak memiliki situs web berjuang untuk tetap kompetitif. Anda tidak bisa hanya mengandalkan beberapa profil bisnis media sosial untuk melakukan apa yang dilakukan situs web Anda untuk bisnis Anda. Beberapa hal yang dilakukan situs web untuk bisnis meliputi:
Menciptakan kehadiran online
Membangun kepercayaan pada merek Anda
Menempatkan Anda di halaman hasil mesin pencari (SERP)
Menjadi titik kontak
Memanfaatkan jaringan media sosial
Situs web restoran Anda harus menyertakan gambar yang memicu keinginan untuk menyantap hidangan Anda. Anda dapat mengintegrasikan pemesanan online di situs Anda sehingga pelanggan dapat memesan langsung dari Anda. Jika Anda tidak menawarkan pengiriman, pertimbangkan untuk bermitra dengan layanan pengiriman makanan seperti Gofood atau GrabFood.
4. Buat konten vidio
Ini adalah metode sederhana namun efektif untuk mengundang pelanggan Anda secara digital ke dalam ruangan. Tulis skrip yang informatif sekaligus menghibur dan perhatikan tarif berbagi di situs media sosial tempat Anda mempostingnya. Semakin banyak modal yang Anda gunakan, semakin banyak pelanggan yang Anda jangkau.
5. Beri tautan di media sosial Anda
Ini bisa berupa menu digital yang menyertakan tautan yang sesuai untuk melakukan pemesanan di muka dan pembayaran. Setelah pelanggan membayar di muka untuk barang-barang mereka, restoran Anda mendapat untung.
6. Pemasaran Media Sosial
Ada 1,5 miliar pengguna di situs media sosial paling populer, Facebook. TikTok, hingga Instagram. Perusahaan yang menggunakan strategi pemasaran media sosial memiliki keterlibatan pelanggan yang lebih tinggi, pengenalan merek yang lebih baik, dan pelanggan yang lebih loyal. Berikut adalah beberapa aktivitas posting online yang harus Anda lakukan untuk strategi pemasaran digital restoran Anda:
Pemasaran video
Iklan berbayar
Keterlibatan pelanggan langsung
Kontes dan kampanye
7. Pemasaran Email
Ada lebih dari 4 miliar pengguna email di seluruh dunia dan kampanye pemasaran email adalah salah satu strategi pemasaran digital paling efektif untuk restoran. Kirim email massal tentang acara mendatang, perubahan menu, buletin bulanan, atau kupon yang dapat dicetak. Anda dapat melakukannya dengan bantuan basis data CRM yang Anda miliki.
Anda dapat melakukan kampanye email dengan menyertakan kupon diskon atau potongan harga yang dapat digunakan oleh pelanggan Anda. Selain itu, permudah pelanggan Anda untuk melakukan pemesanan atau reservasi melalui e-menu. Jika Anda tidak memiliki e-menu, OrderPin dapat membantu Anda membuat halaman e-menu secara gratis untuk Anda gunakan!
8. Pemasaran SMS
Rata-rata, penerima pesan SMS akan membaca 98% pesan teks. Bandingkan dengan email yang penerimanya hanya membuka sekitar 20% saja. SMS marketing adalah salah satu strategi digital paling populer yang digunakan perusahaan untuk menjangkau pelanggan karena tingkat keberhasilannya dalam menjangkau audiens target. Anda dapat menggunakan pesan teks untuk mengirim pembaruan, kode promo, atau kupon digital. Anda harus membuat pesan ini singkat, di bawah 160 karakter jika memungkinkan.
Kesimpulan
Untuk berfokus secara khusus pada hidangan dan makanan tertentu yang tersedia di restoran Anda, pemasaran digital makanan bertujuan untuk mempromosikan penjualan barang tertentu.
Mungkin sebuah restoran memiliki hidangan yang gagal terjual dengan baik. Mirip dengan strategi pemasaran digital restoran secara keseluruhan, pertama, restoran perlu memikirkan selera visual. “Coba lihat apa yang dilakukan restoran populer lainnya,” saran kami, buatlah restoran Anda dan hidangannya menjadi Instagrammable.
OrderPin dapat membantu Anda untuk membuat halaman pemesanan online secara gratis. OrderPin menyediakan jasa pembuatan website yang dapat Anda gunakan untuk informasi kepada pelanggan Anda. Melalui halaman e-menu dari OrderPin, pelanggan Anda dapat memesan secara online dengan dua opsi pengambilan, delivery dan self-pickup.
YummyAdvisor menyediakan halaman ulasan untuk restoran Anda dan sudah terintegrasi dengan e-menu dari OrderPin, sehingga pelanggan Anda dapat melihat ulasan restoran Anda sekaligus memesan melalui e-menu restoran Anda. Sangat efektif bukan!