Bagaimana Cara Restoran Baru Melakukan Facebook Marketing Dengan Baik?

#Dasar#Alat & Strategi#ide kreatif marketing restoran#strategi pemasaran restoran#Facebook
2023-01-30
Sejak pertama peluncuran Facebook hingga saat ini, penggunanya semakin bertambah dan fungsinya juga semakin banyak. Sekarang Anda dapat memasarkan bisnis Anda melalui Facebook.
Kami dan Anda sama-sama menggunakan Internet untuk menemukan restoran-restoran tersembunyi (Hidden Gem). Banyak orang mengunjungi restoran populer, ambil foto, review dan post di internet. Pada era ketidakjelasan situasi pandemi ini, digital marketing mungkin perlu lebih licik, menggunakan taktik psikologi, menggunakan strategi promosi Facebook untuk menarik pelanggan ke restoran Anda, dan menjanjikan kerabat dan teman untuk kembali berkunjung lagi. Kali ini kami akan memperkenalkan 7 metode promosi online dan offline, mengajari Anda cara menentukan grup pelanggan restoran, meningkatkan brand awareness, membuat konten kreatif, customize iklan Facebook, email marketing, strategi remarketing, dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

1. Informasi restoran harus di update secara rutin

Detail dari sebuah restoran itu penting, sebagai pengunjung potensial memiliki kesempatan untuk menelusuri ratusan restoran selama pencarian mereka untuk restoran yang berbeda. Jika Anda dapat memberikan informasi yang cukup lengkap, Anda memiliki peluang untuk meningkatkan omset Anda. Restoran wajib memiliki Google My Business service.
Google My Business menampilkan data bernilai tinggi seperti nama restoran, alamat, informasi kontak, ulasan, jam buka, gambar restoran, dan lainnya.
Jika diatur dengan baik, restoran Anda dapat muncul saat calon pelanggan mencari kata kunci, dan keberadaan restoran dapat ditemukan.
Poin lainnya adalah Google Maps. Ketika banyak netizen menggunakan Google Map untuk mencari jalan, mereka sering menemukan restoran di dekat tempat tujuan mereka. Setelah pergi bekerja, pekerja kantoran bisa pergi ke restoran terdekat untuk makan. Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak pelanggan, ingatlah untuk mendaftarkan informasi restoran di Google Map.
Selain menyampaikan informasi restoran di Google Map, restoran tetap perlu memperhatikan dua hal berikut:
Pertahankan review yang bagus. Review positif menciptakan kepercayaan dan mendorong pengunjung untuk mengomentari kinerja restoran di Facebook atau platform apa pun. Tentu saja, komentar negatif pasti akan ada, dan belajar menghadapi komentar negatif juga merupakan pelajaran penting. Ingat saja, jangan menghapus pesan sesuka hati.
Jaga konsistensi data Anda. Nama restoran, nomor telepon, alamat restoran... semua informasi ada di setiap platform media sosial, dan di semua situs web yang mencatat restoran Anda, Anda harus mengkonfirmasi bahwa semuanya akurat. Kesalahan sekecil apapun dapat membingungkan pelanggan.

2. Elemen penting web

Desain web yang luar biasa memungkinkan pengalaman suasana restoran dimulai dari layar. Selain menyampaikan gaya dengan baik di situs web, juga dapat memberikan informasi seperti desain menu dan set makanan.
Selain itu, halaman web juga harus diperbarui ke versi seluler yang kompatibel. Ini tidak hanya memberikan pengalaman audio-visual yang lebih baik tetapi juga memungkinkan calon pelanggan untuk memeriksa jam buka restoran, alamat restoran, kontak, dan informasi lainnya kapan saja dan di mana saja.

3. Hashtag Menu

Banyak restoran mencantumkan hashtag di halaman Facebook mereka, tetapi hanya sedikit yang memahami fungsi pemasaran dari hashtag. Tidak masalah di Facebook atau Instagram, metode penggunaan Hashtag harus "benar dan detail". Benar: Hashtag Arus Utama. Hashtag yang umum digunakan dan populer memungkinkan restoran menjangkau pelanggan potensial, dan eksposur restoran dapat meningkat seiring dengan jumlah pengguna Hashtag.
Pada saat yang sama, Hashtag sebagai arus utama juga memungkinkan restoran untuk membangun kesadaran dan citra merek, seperti #vegetarian, yang dapat dengan mudah membentuk citra vegetarian untuk restoran tersebut dan menarik perhatian para vegetarian. Kami mendorong restoran untuk mencoba mendesain Hashtag khusus untuk halaman tersebut. Tidak harus sangat kreatif, tetapi harus unik dan mewakili citra merek.
Ketika strategi pemasaran digital masa depan diluncurkan secara resmi, itu dapat mendorong pengikut untuk menggunakannya, dan kemudian terus mempromosikan Hashtag. Strategi "big plus fine" memungkinkan restoran menjangkau khalayak umum dengan tetap mempertahankan antusiasme penggemar setia. Pemasaran kepada penggemar sangat penting. Selama wabah, orang yang paling bersedia membayar adalah pelanggan yang pernah membayar. Mampu memahami hati mereka akan menjadi kunci bisnis.

4. Kegiatan di Facebook harus tepat

Semua orang suka memenangkan hadiah gratis, itulah sebabnya promo Facebook sangat menarik. Jika Anda tidak tahu harus berbuat apa, kirimkan beberapa hadiah kecil. Ini bisa berupa makanan, kupon, salad, steak... apa saja, tapi tolong jangan terlalu sering, jika tidak, itu akan membuat pembaca menantikan promo berikutnya daripada hidangan baru.
Aktivitas Facebook dapat menarik lebih banyak pengikut, meningkatkan kesadaran merek, dan membuat lebih banyak pelanggan potensial menemukan fitur-fitur khusus restoran, dan kemudian datang untuk mencobanya secara berkelompok.

5. Memanfaatkan konten buatan pengguna(UGC)

Jika aktivitas Facebook Anda dapat menghasilkan beberapa ide pembaca, seperti kontes slogan, berbagi cerita, dll., ingatlah untuk memanfaatkan konten dengan baik untuk menambah warna pada halaman restoran. Menurut survei, 92% pembaca mempercayai rekomendasi orang lain, daripada konten merek. Semua orang tidak suka menjual, dan hanya percaya pada rekomendasi tulus dari orang biasa.

6. Iklan Facebook untuk meningkatkan engagement

Selain merancang kampanye kreatif setelah mempertimbangkan dengan cermat, Anda juga dapat memasang iklan Facebook agar lebih banyak pembaca mengetahui keberadaan restoran Anda. Faktanya, di Facebook pada tahun 2022, ini seharusnya menjadi metode pemasaran luas yang paling efektif.
"Iklan Facebook" adalah istilah umum yang mencakup iklan yang meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan like pada halaman, meningkatkan tingkat keterlibatan, mendapatkan alamat email, meningkatkan reservasi restoran, mendaftar ke acara restoran, dan banyak lagi. Karena banyaknya jenis iklan, restoran harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti target pelanggan, target format iklan, anggaran target, dan tujuan pemasaran akhir agar dapat membuat iklan secara efektif.
Setelah peluncuran iklan Facebook berhasil, Anda dapat menemukan sejumlah besar data akurat dari pengelola iklan, termasuk respons pelanggan, efek iklan, jumlah janji temu, perubahan tingkat interaksi, dll. Memanfaatkan data dengan baik akan membantu mengembangkan lebih lanjut usaha Anda.

7. Publisitas dari KOL

Terakhir, ada beberapa KOL yang bisa dipilih di setiap tempat. Restoran dapat secara aktif mengundang mereka untuk mencoba hidangan di restoran Anda, dan berkomentar serta membagikan hidangan untuk menarik pengikut mereka ke restoran Anda.
Namun, jika restoran memilih untuk menghubungi KOL tanpa perencanaan profesional, biaya undangan mungkin lebih tinggi dari biasanya. Restoran harus mempertimbangkan faktor biaya sendiri.
Sejauh ini, kami telah menganalisis poin-poin penting dari promosi dasar dan poin-poin kunci dari strategi promosi ekstensif untuk restoran. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk merencanakan metode pemasaran digital secara detail, tentunya Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menyewa perusahaan media sosial planner untuk melayani Anda.