Jika Anda seorang pebisnis di industri F&B, kita semua setuju kalau aplikasi online food delivery cukup penting bagi usaha F&B. Semakin banyak bisnis Anda didaftarkan ke berbagai online food delivery platform, semakin besar peluang bagi bisnis Anda untuk mencakup lebih banyak pelanggan. Namun tidak bisa dipungkiri lagi kalau kenyataannya ternyata masih banyak kafe maupun restoran yang baru mendaftarkan toko nya ke salah satu atau hanya 2 platform online food delivery saja.
Di Indonesia sendiri memiliki 3 platform online food delivery terbesar, yaitu Gofood, GrabFood, dan Shopee Food. Selain dari 3 platform tersebut, ada juga MaximFood dari Maxim, dan Air Asia Food dari Air Asia dan platform online food delivery lainnya.
Pada Artikel ini, kami akan fokus membahas bagaimana cara mendaftarkan bisnis Anda ke GrabFood, persyaratan yang berlaku, dan keuntungan apa saja yang bisa Anda dapatkan.
1. Apa itu GrabFood?
Untuk lebih memahami apa itu Grabfood, kita harus tahu dulu apa itu aplikasi Grab. Aplikasi Grab adalah aplikasi seluler yang memiliki 3 fitur berbeda; Grabcar, GrabExpress, dan GrabFood. Grabcar memungkinkan pengangkutan pelanggan atau penumpang dari lokasi penjemputan yang diinginkan ke tujuan yang diinginkan (bisa menggunakan mobil maupun motor). Di sisi lain, GrabExpress memungkinkan pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain dengan berat tidak lebih dari 20 kilogram. Barang-barang umum yang dikirimkan oleh GrabExpress adalah makanan, dokumen, dan pakaian. Dan yang terakhir, GrabFood memungkinkan para penjual makanan atau yang disebut merchant GrabFood untuk menjual produk mereka secara langsung ke pengguna aplikasi Grab. Mitra GrabFood akan mengambil pesanan pelanggan dan mengantarkan makanan ke alamat pengiriman yang ditunjukkan. Penjual GrabFood akan dibayar oleh pengendara GrabFood setiap kali pelanggan memesan dari aplikasi.
Jadi singkatnya, GrabFood adalah layanan pemesanan makanan secara online tanpa sang pembeli harus datang ke toko tersebut. Setelah pembeli sudah menentukan dari toko mana dia akan memesan, kemudian pembeli memasukan alamat lengkap tujuan makanan akan di antarkan, dan setelah makanan sudah siap di antarkan, pengemudi mitra Grab akan mengambil pesanan pelanggan dan mengantarkannya ke alamat tujuan.
2. Manfaat mendaftarkan bisnis Anda ke GrabFood
Tentunya Anda tidak akan mau mendaftarkan bisnis F&B Anda ke GrabFood atau aplikasi lainnya jika tidak ada keuntungan atau manfaat yang dapat Anda peroleh dari aplikasi tersebut. Selain untuk memperluas pasar yang bisa bisnis Anda cakup, masih banyak keuntungan lainnya, seperti:
a. Meningkatkan pendapatan Anda dengan menjangkau lebih banyak pelanggan menggunakan aplikasi GrabFood
b. Dapatkan visibilitas toko secara instan di aplikasi Grab yang memiliki jutaan pengguna
c. Dapatkan iklan gratis dari kampanye pemasaran Grab menggunakan email, SMS, akun Facebook dan Instagram Grab, dll.
d. Penawaran dan promo khusus diaktifkan oleh Grab tanpa biaya tambahan yang perlu Anda bayarkan
e. Dapatkan feedback pelanggan yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan produk dan layanan Anda
f. Memiliki akses ke layanan pengiriman makanan tanpa perlu menyewa pengendara pengiriman
3. Persyaratan pendaftaran
Jika Anda ingin mendaftakan toko Anda ke GrabFood, ada beberapa persyaratan yang perlu Anda penuhi, yaitu:
a. Seputar Informasi Restoran :
● Nama bisnis/restoran
● Alamat restoran disertai koordinat di Google Maps
● Nomor telepon restoran
● Email restoran
● Foto tampak luar restoran
● Foto tampak dalam restoran
● Foto logo restoran (Opsional)
b. Seputar Informasi Pemilik
● Foto KTP
● Foto Selfie dengan KTP
● Foto NPWP
c. Data Informasi Bank
● Nomor rekening akun tabungan
● Foto buku tabungan atau Tampilan E-Banking
d. Data Informasi Menu
● Daftar menu
● Foto daftar menu
● Foto makanan
4. Cara mendaftar ke GrabFood
a. Pergi ke halaman https://www.grab.com/id/merchant/food/ kemudian isi seluruh data yang dibutuhkan setelah itu klik daftar.
b. Setelah Anda klik daftar, Anda akan mendapatkan email, segera lakukan verifikasi di email yang Anda daftarkan
c. Setelah email terverifikasi. Anda akan dihubungi oleh Tim Grabfood yang akan menjelaskan langkah-langkah yang harus Anda lakukan selanjutnya. Anda akan diminta untuk mengirimkan data-data yang dibutuhkan (Data pada poin nomor 3).
d. Setelahnya, Anda harus melakukan ttd kontrak. Pastikan Anda sudah membaca seluruh isi kontraknya terlebih dahulu sebelum melakukan tanda tangan.
e. Lakukan verifikasi email outlet dalam batas waktu 72 jam.
f. Lakukan proses verifikasi OVO.
g. Setelah semua hal di atas tervalidasi dengan baik Anda akan menerima email dari Tim Grabfood yang berisi bahan training terkait cara menggunakan aplikasi untuk merchant untuk berbisnis makanan, dan informasi terkait cara mengaktifkan akun Grab Food Merchant Anda.
h. Akun Anda sudah dapat digunakan setelah Anda aktifkan akun Grab Food Merchant
5. Ketentuan GrabFood
Grab akan mengambil komisi sebesar 20% hingga 30% untuk setiap transaksi. Ini berarti Anda tidak akan membelanjakan apa pun jika Anda tidak memperoleh penghasilan darinya. Hal ini menjadikan Grab strategi pemasaran yang bebas risiko dan merupakan salah satu dari banyak alasan mengapa Grab merekomendasikan strategi ini dalam mempromosikan bisnis makanan Anda.