Sebagai pemilik bisnis restoran, Anda mungkin sudah mengetahui bahwa perkiraan penjualan (sales forecast) dapat membantu Anda mengelola bisnis dengan lebih baik. Tapi apa itu perkiraan penjualan untuk restoran, dan bagaimana cara kerjanya?
Ketika Anda melakukan pembelian bahan baku, mengelola karyawan Anda atau memesan peralatan baru, sales forecast yang akurat dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih tepat untuk restoran Anda. Dengan memprediksi pendapatan penjualan Anda di masa depan, Anda juga dapat mengantisipasi sumber daya apa yang Anda perlukan. Pembelian, penambahan, atau perubahan apa yang dapat Anda lakukan untuk membawa bisnis Anda ke tahap berikutnya.
Sales Forecast untuk Restoran
Sales forecast pada restoran adalah proses memperkirakan penjualan di masa mendatang berdasarkan data seperti pendapatan dan pengeluaran di masa lalu, tren ekonomi, dan analisis pasar saat ini.
Saat Anda memiliki gambaran yang jelas tentang situasi kedepannya, Anda akan memiliki keputusan yang lebih baik tentang apakah Anda harus mempekerjakan lebih banyak karyawan, menambah produk baru, dan mengubah harga menu Anda. Peramalan juga berguna untuk merencanakan perubahan besar, seperti renovasi dan perluasan toko. Faktanya, memiliki sales forecast yang akurat dapat membantu Anda mendekati setiap keputusan bisnis dengan lebih percaya diri. Anda sebaiknya rutin melakukan sales forecast secara teratur secara bulanan, triwulanan, atau tahunan.
Sales Forecast untuk Restoran Baru
Sebelum membuka restoran, Anda sebaiknya melakukan sales forecast untuk membuat perencanaan hingga untuk menarik investor. Kenyataannya, hanya sedikit investor yang akan memberikan penawaran kepada Anda jika Anda tidak memiliki sales forecast yang dirancang dengan baik untuk tiga tahun pertama restoran Anda.
Meskipun terlihat seperti tantangan sulit untuk memperkirakan penjualan tiga tahun pertama restoran Anda, bahkan dimana sebelum Anda membuka bisnis Anda. Anda dapat menggunakan rumus yang akan kita bahas nanti. Cukup dengan memperkirakan angka yang Anda bayangkan menggunakan cara ini:
Menggunakan data dari bisnis restoran sebelumnya yang pernah Anda operasikan
Berdasarkan pengalaman Anda bekerja di restoran
Menanyakan seseorang yang saat ini memiliki restoran
Meneliti calon pesaing Anda
Jika membuat sales forecasting untuk restoran Anda terdengar rumit, jangan khawatir ini sebenarnya jauh lebih mudah daripada yang Anda duga. Kami akan membantu Anda melalui prosesnya yang sederhana.
Menggunakan Sistem Kasir (POS)
Saat membuat sales forecast, Anda bisa melakukan perhitungan manual atau menggunakan bantuansistem POS (point of sale)restoran Anda.
Mudahnya, sistem POS Anda kemungkinan penuh dengan data restoran yang dapat digunakan untuk membuat perkiraan penjualan yang akurat. Menggunakan sistem POS yang terintegrasi, Anda dapat dengan mudah mendapatkan data seperti pendapatan, biaya, dan jumlah tamu. Saat Anda membandingkan data ini dengan periode waktu sebelumnya, Anda harus memperhatikan tren dan pola yang memungkinkan Anda memprediksi penjualan di masa mendatang.
POS Anda juga dapat menyediakan rentang data yang lebih luas, menghitung hal-hal seperti berapa banyak pendapatan yang dihasilkan setiap shift, menu mana yang paling menguntungkan, dan berapa banyak penjualan yang terjadi selama jam sibuk. Anda juga memiliki akses yang memberikan analisis berharga pada item menu paling populer, rata-rata ukuran pesanan, jumlah pelanggan baru dan berulang, dan masih banyak lagi.
Tentu saja, perlu diingat bahwa Anda mungkin perlu memperhitungkan faktor-faktor yang sensitif terhadap waktu seperti perubahan persaingan, perubahan ekonomi, dan variabel musiman seperti cuaca atau hari libur.
Cara membuat sales forecast restoran yang akurat
Anda mungkin ingin mempekerjakan seorang akuntan atau berkonsultasi dengan partner bisnis Anda saat membuat ramalan penjualan, tetapi ini juga merupakan sesuatu yang dapat Anda lakukan sendiri. Begini caranya:
1. Kumpulkan data. Jika Anda tidak menggunakan sistem POS, Anda harus mulai dengan mengumpulkan beberapa data dasar di restoran Anda termasuk:
Kapasitas (total dari kursi untuk pelanggan)
Harga menu
Jam Oprasional
Waktu Pelanggan Berkunjung
2. Hitung perkiraan jumlah pengunjung harian restoran Anda.Sebelum Anda dapat memprediksi penjualan selama satu tahun penuh, Anda harus memulai dengan pengukuran yang jauh lebih kecil yaitu penjualan satu hari. Kapasitas pelanggan, dapat menunjukkan berapa banyak pendapatan yang berpotensi Anda hasilkan pada hari rata-rata. Pertama Anda dapat menghitung Pendapatan maksimal ini dengan menggunakan rumus
KAPASITAS x RATA-RATA HARGA PRODUK x (JAM OPERASIONAL / RATA-RATA WAKTU MAKAN PENGUNJUNG)
Sebagai contoh, restoran Anda mempunyai kapasitas 30 orang, rata-rata harga produk Rp 25.000. Jam buka operasional dari jam 10 pagi hingga 10 malam (12 jam) dan pengunjung rata-rata menghabiskan 30 menit dari pengunjung datang hingga pulang. Maka hasilnya 30x25.000(12/0.5)=18.000.000 maksimal pendapatan per hari. Angka tersebut diasumsikan restoran selalu full dan sama sekali tidak ada waktu kosong.
3. Hitung penjualan terburuk dan terbaik dibawah 100%.Restoran Anda mungkin tidak akan memiliki kapasitas 100% setiap hari. Untuk membuat prakiraan Anda lebih realistis, Anda juga perlu mempertimbangkan hari yang sepi akan pelanggan. Lakukan perhitungan yang sama tetapi dikalikan 15% untuk kondisi yang sepi, kalikan 40% untuk kondisi normal dan kalikan 75% untuk kondisi yang ramai . Sekarang Anda memiliki gambaran penjualan yang akurat untuk waktu yang sepi, normal dan ramai.
4. Perkirakan penjualan untuk jangka waktu yang lebih lama.Sekarang setelah Anda memiliki angka penjualan harian, Anda dapat mengalikan angka tersebut untuk membuat prakiraan yang andal untuk minggu, bulan, tahun, atau bahkan tiga tahun ke depan.
Cara Panggunaan Sales Forecasting pada Restoran Anda
Dengan prediksi yang akurat, Anda dapat membuat keputusan bisnis berdasarkan data. Berikut adalah beberapa cara menggunakan sales forecast untuk mengelola restoran Anda dengan lebih baik.
Memprediksi pendapatan dan keuntungan
Salah satu hal terpenting yang perlu diketahui tentang restoran Anda adalah berapa banyak uang yang dapat Anda hasilkan dalam periode tertentu, dan berapa margin keuntungannya.
Sales forecast membantu Anda mengetahui kapan musim sepi dan ramai sehingga Anda dapat merencanakannya. Misalnya, jika Anda tahu sedang memasuki musim yang lebih ramai, mungkin sudah waktunya untuk mempekerjakan lebih banyak staf atau mempersiapkan ekspansi yang telah Anda rencanakan. Disisi lain, jika Anda tahu Anda akan memasuki periode yang lebih sepi di mana Anda tidak akan menghasilkan penjualan sebanyak biasanya, Anda mungkin ingin menunda merenovasi atau mempekerjakan manajer baru.
Mengontrol pengeluaran
Biaya tenaga kerja mungkin merupakan biaya overhead terbesar untuk restoran Anda, jadi pastikan Anda membelanjakannya dengan bijak. Memperkirakan dan meninjau data penjualan historis akan membantu Anda mengelola biaya overhead secara strategis seperti upah dan gaji.
Demikian juga, perkiraan dapat membantu Anda mengelola inventaris dengan lebih baik. Setelah mengetahui berapa banyak makanan yang akan dijual pada hari tertentu, Anda dapat mengurangi waste makanan tanpa kehilangan bahan baku utamanya. Tentu saja, tidak mungkin untuk melakukannya dengan benar-benar akurat setiap saat, tetapi perkiraan dapat membantu Anda memberi perkiraan yang lebih akurat, dan itu sangat membantu untuk meminimalkan pengeluaran dan menekan biaya.
Persiapan menghadapi fase yang sepi
Sales forecast juga akan memungkinkan Anda memprediksi pengaruh cuaca, lalu lintas, acara khusus, dan faktor lain terhadap pendapatan Anda. Selain memungkinkan Anda mengatur staf untuk musim sibuk, pengetahuan ini memungkinkan Anda merencanakan musim sepi sehingga bisnis Anda tidak merugi.