Menu adalah aspek kunci yang sering diabaikan oleh pihak kafe atau restoran mana pun. Ini adalah faktor penentu apakah orang memilih untuk makan di tempat usaha Anda dan dapat memengaruhi jumlah pengeluaran orang.
Cara Anda mendesain menu bisa dibilang sama pentingnya dengan sajian makanan Anda yang sebenarnya. Dengan begitu banyak penelitian yang dilakukan tentang psikologi dan kekuatan desain atas pengambilan keputusan Anda, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan.
Jika Anda membuka kafe atau restoran baru dengan menu yang diperbarui, artikel ini memberikan tips tentang cara membuat menu yang akan disukai pelanggan Anda.
1. Berikan impresi terbaik
Pengunjung akan disibukkan dengan semua elemen yang Anda berikan: dekorasi, suasana, pengunjung di meja terdekat, teman dan keluarga mereka, yang berarti menu Anda harus melakukan tugasnya dengan cara yang sangat ringkas dan mudah dicerna.
Kesan pertama yang baik bisa berupa apa saja mulai dari cara pengemasannya – sebuah restoran steak dapat membungkus menu mereka dengan kulit sapi untuk memberikan kesan oriental, ruang cerutu; sebuah kafe dapat menggunakan karung kopi goni – untuk halaman sampul yang dirancang dengan baik atau header menarik yang menarik perhatian.
2. Menggunakan font yang cocok dengan tema restauran Anda
Jenis huruf atau font yang Anda gunakan memberikan kesan pertama yang lebih baik. Ini dapat membantu pelanggan mengidentifikasi jenis restoran Anda dan apa yang diharapkan dari makanan tersebut.
Umumnya, font classy serif disukai oleh restoran yang lebih mahal, sedangkan font modern san-serif lebih disukai oleh kafe trendi. Namun, tidak ada formula pasti dalam penggunaan font. Saran terbaik tentang font adalah harus sesuai dengan brand dan tema dari restauran Anda.
Ini tidak berarti Anda tidak bisa berani dengan pilihan Anda, terutama judul Anda. Coba ukuran berbeda, font berbeda, sudut berbeda hingga Anda puas.
Sebagai contoh, Anda dapat melihat desain menu dari salah satu restoran Jepang terkenal di Indonesia, Okuzono. Okuzono memanfaatkan tulisan/huruf Jepang sebagai salah satu ornamen pelengkap dan mampu memperkuat tema Japanese yang mereka usung.
3. Sertakan foto yang sesuai dengan konsep restauran Anda
Gambar adalah masalah yang diperdebatkan di kalangan pemilik bisnis F&B. Beberapa menganggap itu penting, disisi lain menganggap itu tidak penting. Faktanya adalah, itu sangat tergantung pada tempat Anda dan pelanggan Anda. Tidak masuk akal jika restoran mewah mengotori menu mereka dengan fotografi gaya makanan cepat saji yang murah. Namun, beberapa foto berselera tinggi sebagai latar belakang tajuk mereka dapat menambah nilai menu.
Manfaat lain dari gambar adalah warna, yang bagus untuk gaya dan semangat tetapi juga untuk mempengaruhi perilaku pelanggan Anda. Sudah diketahui umum bahwa warna merah dimaksudkan untuk merangsang nafsu makan (maka mengapa warna ini ditampilkan di begitu banyak logo gerai makanan cepat saji utama) atau warna hijau memberikan kesan sehat, jadi pertimbangkan untuk menggunakan kotak atau font atau grafik berdasarkan warna.
Hal ini sudah sejak lama dilakukan oleh KFC. Sebagai restoran cepat saji, mereka menyertakan gambar pada menu mereka yang dilengkapi dengan latar belakang berwarna merah sebagai identitas restoran cepat saji.
4. Promosikan menu Anda melalui media sosial
Media sosial sudah menjadi hal umum untuk dijadikan alat bantu promosi sebuah bisnis, tidak terkecuali untuk bisnis restauran atau kafe. Fungsi dari media sosial juga sangat luas. Selain Anda dapat mempromosikan bisnis Anda, Anda juga dapat mempromosikan menu dari restauran atau kafe Anda melalui media sosial.
Melakukan promosi menu melalui media sosial, tentu akan mendapatkan lebih banyak impresi dibandingkan melalui website atau tidak dipromosikan sama sekali. Karena pada umumnya, sifat media sosial itu sangat luas, terbuka, dan tidak terbatas oleh waktu.
5. Atur penempatan menu Anda
Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa bagian pada pojok kanan atas sebuah menu adalah sweet spot awal. Itulah mengapa Anda mungkin telah memperhatikan banyak menu dengan barang-barang yang ingin mereka jual ditampilkan secara mencolok di tempat itu.
Cara Anda membagi menu juga dapat membuat perbedaan besar. Jika Anda ingin meningkatkan penjualan barang yang menguntungkan, coba masukkan ke dalam kotak teks dengan bingkai berenda dan uraian singkat tentangnya. Bingkai dan grafik dekoratif dapat membuat perbedaan besar pada popularitas barang-barang tertentu.
Kesimpulan
Kegunaan dan daya tarik dari menu fisik memang sangat penting, namun beberapa pemilik restauran banyak mengeluhkan biaya pencetakan ulang menu fisik mereka jika ada perubahan harga, penambahan menu atau pengurangan menu.Sistem kasir gratis OrderPinmenawarkan solusi dari masalah yang Anda hadapi dengan menggunakan fitur QR e-menu dari OrderPin. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat kapan saja dan dimana saja merubah menu Anda tanpa harus mencetak ulang menu fisik yang mungkin akan memakan biaya operasional Anda. Selain itu pelanggan juga dapat langsung melakukan pemesanan dari meja mereka masing-masing dengan memindai/scan QR e-menu menggunakan ponsel mereka.