Ide Konten Iklan untuk Restoran di Tahun 2023

#strategi pemasaran restoran #promosi secara online #iklan berbayar
2023-02-03
Apakah restoran sedang berkembang atau membutuhkan beberapa ide baru, berikut adalah rincian dari beberapa taktik periklanan terbaik untuk restoran.
Kampanye periklanan telah berubah secara drastis selama dekade terakhir. Dari mulut ke mulut, selebaran, dan poster cetak standar masih merupakan cara yang bagus untuk menciptakan kesadaran merek, namun menambahkan taktik periklanan tambahan dapat menghasilkan pertumbuhan yang lebih besar.
Sembilan puluh persen tamu mencari restoran secara online sebelum benar-benar pergi ke sana. Untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, penting untuk memastikan bahwa tamu menemukan restoran Anda saat mereka menelusuri.

Iklan Berbayar

Iklan berbayar adalah media yang Anda bayar. Meskipun ada biaya yang terkait dengan iklan berbayar, bagi banyak bisnis, ini menghasilkan salah satu laba atas investasi atau returns on investment (ROI) tertinggi.
Sebagian besar iklan berbayar beroperasi dengan model bayar per klik: pengiklan hanya membayar bila seseorang benar-benar meng klik iklan tersebut. Di awal kampanye berbayar, siapkan anggaran maksimum. Iklan akan terus ditayangkan hingga anggaran habis.
Banyak platform memungkinkan pengiklan menargetkan audiens misalnya, tamu restoran dengan menentukan kriteria seperti demografi, lokasi, minat, dan halaman lain yang dikunjungi. Saat mempertimbangkan platform iklan berbayar mana yang tepat untuk restoran Anda, penting untuk menentukan target tamu restoran untuk mendapatkan hasil maksimal dari uang Anda.
1. Google Ads
SEO (search engine optimization) adalah kebutuhan dalam hal pemasaran dan periklanan restoran, tetapi itu hanya satu elemen. Ada 4,3 miliar pengguna Google di seluruh dunia dan rencana Pemasaran Mesin Telusur atau Search Engine Marketing (SEM) yang kuat dapat membantu menargetkan tamu terbaik untuk restoran Anda. Kampanye Google Ads adalah cara yang mudah dan praktis untuk membangun kesadaran akan restoran. Iklan teks sederhana tidak memerlukan aset materi iklan dan, setelah kampanye disiapkan, dapat dijalankan secara otomatis dengan sedikit usaha.
Melalui platform Google Ads dan Keyword Planner, Anda dapat menyiapkan kampanye SEM dan menawar kata kunci yang relevan. Putuskan berapa banyak restoran bersedia membelanjakan anggaran iklan berbayar dan hitung BPK maksimum (biaya per klik) sebelum menawar.
Yang terbaik adalah membuat kata kunci tetap spesifik dan ringkas. Penawaran pada istilah pencarian yang luas, seperti "restoran baru terbaik" bisa jadi mahal dan tidak efektif. Cobalah untuk tetap berpegang pada istilah lokal tertentu dan ingat target tamu.
2. YouTube Ads
Iklan YouTube memerlukan upaya yang lebih kreatif, tetapi bisa menjadi peluang besar untuk memamerkan lebih banyak merek restoran. Cari untuk menyewa videografer dan merekam iklan kampanye yang akan berjalan di slot pre-roll sebelum video utama dimulai. Seperti kampanye SEM, iklan ini akan beroperasi berdasarkan bayar-per-tayang; Anda hanya dikenakan biaya jika seseorang benar-benar melihat konten tersebut. Gunakan rekaman ini untuk membangun aset media sosial atau menjalankan kampanye dinamis di platform lain.
3. Facebook Ads
Platform ini menawarkan layanan penargetan lokasi, memberi restoran kemampuan untuk menjangkau pengunjung di area terdekat mereka. Facebook Ads juga menyediakan kemampuan untuk menentukan tujuan kampanye, sehingga menyesuaikan iklan untuk memenuhi kebutuhan restoran. Facebook memungkinkan untuk membuat kampanye yang menjangkau audiens yang sangat spesifik sehingga restoran dapat menarik pengunjung baru, menjual acara, atau menyebarkan berita tentang menu baru.
Iklan Facebook, seperti Iklan Google, beroperasi pada BPK, atau model rasio klik-tayang (RKT). Ada opsi untuk membayar tayangan, berapa banyak orang yang melihat iklan versus berinteraksi dengannya, namun itu cenderung lebih mahal dalam jangka panjang. Alih-alih membanggakan iklan teks sederhana, platform ini memungkinkan opsi yang lebih dinamis, seperti foto kolase (atau mempromosikan video yang dibuat untuk iklan YouTube).
4. Instagram Ads
Melihat halaman merek restoran dapat menjadi salah satu cara paling ampuh untuk mengarahkan pengunjung ke restoran Anda. Menempatkan uang untuk konten yang dapat membantu postingan menjangkau audiens yang lebih luas dan mendorong tamu untuk melakukan reservasi bukanlah hal yang merugikan. Anjurkan pengunjung untuk ‘swipe’ dan memesan meja di tempat Anda dengan Instagram Story Ads.
Karena Instagram berbagi perusahaan induk (Meta) dengan Facebook, iklan berbayar di platform menawarkan penargetan yang sama untuk membuat kampanye menjadi sangat lokal.
5. Twitter Ads
Ada tiga jenis iklan di Twitter: Iklan Promosi, Iklan Pengikut, dan Pengambilalihan Tren. Iklan yang Dipromosikan mirip dengan meningkatkan postingan Instagram. Iklan Pengikut merekomendasikan agar pengguna mengikuti akun restoran berdasarkan minat mereka yang serupa. Dan Pengambilalihan Tren menempatkan iklan Anda di samping apa yang sedang tren.
Berdasarkan tujuan kampanye, platform akan merekomendasikan produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhannya. Baik restoran ingin meningkatkan jangkauan iklan, mendapatkan tayangan video, atau mengarahkan lalu lintas ke situs web, memiliki akun Twitter yang aktif (walaupun direkomendasikan untuk kesadaran merek), bukanlah keharusan.

Iklan Organik dan Partnerships

Apa pun yang termasuk iklan organik biasanya tidak berbayar. Ya, ada biaya yang terkait dengan pembuatan konten, tetapi tidak seperti iklan berbayar, interaksi tamu (klik, tayangan, pembagian) tidak dikenakan pembayaran lebih lanjut.
Meskipun ini mungkin tampak ideal, jauh lebih sulit untuk mendapatkan daya tarik dan tampil di depan pengunjung tanpa tambahan promosi berbayar. Saat menggunakan promosi organik, pertimbangkan untuk menggunakannya bersamaan dengan taktik atau kemitraan berbayar lainnya.
1. Sponsor Acara atau Tim Olahraga
Jika metode periklanan online mulai terasa sedikit membosankan, jangan takut untuk berpikir out of the box. Acara atau klub lokal selalu membutuhkan perlengkapan, kostum, seragam baru, dan lainnya. Mempromosikan untuk membantu adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesadaran lokal dengan memasang logo atau nama Anda di bagian belakang jersey atau di banner acara.
2. Media Sosial Organik
Media sosial organik mencakup semua posting gratis di profil atau halaman media sosial restoran. Tamu dapat menemukannya sendiri atau menemukannya melalui taktik periklanan berbayar lainnya yang digunakan untuk mempromosikan halaman.
Pikirkan tentang bagaimana tamu akan memotret masing-masing item menu. Memiliki foto pengunjung dan membagikan makanan Anda di feeds sosial mereka adalah promosi gratis yang luar biasa. Saat mendesain pelapisan, pikirkan item menu mana yang menonjol di jejaring sosial.
Jika restoran mencari lebih banyak keterlibatan sosial atau konten yang dibuat pengguna, coba atur kontes media sosial. Tawarkan makanan gratis atau sertifikat hadiah untuk komentator acak.
3. Influencer Partnership
Meskipun media sosial adalah komponen besar dalam menjalankan restoran, itu hanya salah satu faktor pekerjaan. Bermitra pemberi pengaruh makanan bisa menjadi cara yang bagus untuk memperkenalkan restoran tersebut kepada audiens baru. Influencer bekerja secara profesional dalam pemasaran media sosial untuk membangun komunitas yang mempercayai apa yang mereka katakan.
Pertimbangkan mengadakan acara dengan undang influencer dan teman untuk datang makan. Ini cara yang bagus untuk mendapatkan konten dan paparan lebih lanjut. Dan dengan membina hubungan dengan orang-orang yang Anda undang, hal itu dapat mengubah kemitraan ini menjadi lebih banyak tamu di kemudian hari.

Kesimpulan

Kunci untuk memilih taktik periklanan terbaik untuk restoran adalah bersandar pada merek restoran dan bersenang-senang dengannya. Jika Anda masih tidak yakin metode mana yang harus digunakan, tanyakan kepada beberapa teman dan keluarga terpercaya apa yang ingin mereka lihat atau apa yang akan mereka lakukan. Tidak ada pendekatan satu ukuran untuk semua, jadi jangan takut untuk bereksperimen dengan pilihan yang berbeda sampai Anda dapat mengetahui apa yang terbaik untuk restoran spesifik Anda.
Baca nanti