1. Industri F&B adalah salah satu industri pengguna kode QR terbanyak
Menu kode QR telah menjadi tren yang terkini di industri restoran karena memungkinkan restoran menawarkan pengalaman nirsentuh kepada tamu. Selain menu digital, restoran juga dapat memanfaatkan kode QR untuk pemasaran, mengumpulkan feedback, mengumpulkan data pelanggan, dan lainnya.
Jika Anda ingin menerapkan kode QR dalam bisnis restoran Anda, panduan utama ini adalah solusi untuk Anda.
COVID-19 telah melumpuhkan industri restoran, terutama di awal pandemi. Restoran adalah salah satu bisnis pertama yang tutup, mengakibatkan kerugian besar bagi restoran kecil. Lebih dari 110.000 restoran tutup pada tahun 2020 di AS saja, dengan kerugian pendapatan kumulatif lebih dari $60 miliar. Sementara sebagian besar restoran dibuka kembali setelah beberapa saat, itu tidak seperti biasanya. Orang ingin menghindari kontak manusia.
Lalu lintas restoran anjlok karena restoran sering penuh sesak. Pada saat yang sama, pengiriman makanan online telah meningkat secara drastis. Akibatnya, makan di rumah bertambah dan makan di restoran berkurang secara signifikan pada tahun 2019 dibandingkan tahun 2020. Restoran perlu menemukan cara untuk membuat orang kembali makan di restoran sambil menangani semua masalah keamanan dan sanitasi. Kekhawatiran terbesar dalam pandemi adalah kontak manusia ke manusia. Restoran harus menemukan cara untuk memberikan pengalaman tanpa kontak kepada tamu.
Di sinilah kode QR masuk ke sebagai solusi. Restoran mengganti kartu menu fisik dengan menu kode QR – sejenis kode QR yang digunakan di restoran yang mengarahkan pengguna ke menu digital. Alih-alih menyentuh menu dan permukaan lainnya, tamu dapat mengakses menu dan memesan hanya dengan memindai kode QR melalui ponselnya masing-masing.
Restoran juga menerapkan aplikasi kode QR lainnya seperti pemasaran, reservasi, berbagi lokasi, keterlibatan pelanggan, dan banyak lagi. Segera, kode QR menjadi tren utama dalam industri F&B. Restoran di seluruh dunia saat ini menggunakan kode QR untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan pertumbuhan bisnis. Meski pandemi telah (hampir) hilang, kode QR di restoran menawarkan manfaat di luar pengalaman nirsentuh. Mereka membantu restoran memberikan pengalaman bersantap yang luar biasa dan meningkatkan efisiensi staf. Oleh karena itu, kode QR di restoran akan ada selama bertahun-tahun yang akan datang.
2. Apa itu menu QR?
Menu kode QR adalah kode QR yang mengarahkan orang ke halaman menu digital. Setelah memindai kode QR, tamu akan dibawa ke halaman tampilan yang berisi menu restoran. Mereka dapat memeriksa item dan harga yang tersedia melalui ponsel mereka.
3. Bagaimana cara kerja menu QR?
Menu kode QR adalah salah satu tren paling menonjol di industri restoran. Sebuah laporan yang diterbitkan oleh Food Research Institute menemukan bahwa 49% responden pernah menggunakan menu kode QR di restoran. Angka itu meningkat menjadi 68 persen untuk Gen Z dan 78 persen untuk Milenial.
4. Mengapa restoran menggunakan QR menu?
Dari sudut pandang keamanan dan teknologi, menu kode QR merupakan peningkatan penting untuk restoran. Ini dapat menambah nilai signifikan bagi restoran Anda dengan meningkatkan pengalaman konsumen dan membantu Anda mendapatkan pelanggan tetap. Berikut keunggulan utama menu kode QR restoran.
5. Memberikan pengalaman tanpa sentuh
Menu kode QR memberikan pengalaman tanpa sentuhan untuk tamu Anda. Dengan kode QR menu, tamu restoran tidak perlu lagi menyentuh menu fisik yang sebelumnya telah dibagikan kepada ribuan tamu. Yang perlu mereka lakukan hanyalah mengeluarkan ponsel mereka, memindai kode QR, dan memesan makanan favorit mereka.
6. Mengurangi biaya cetak menu
Biaya rata-rata untuk mencetak menu, termasuk biaya desain dan penutup, bisa melebihi Rp 20.000 per menu. Di sisi lain, biaya pencetakan menu kode QR dapat diabaikan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencetak kode QR dan meletakkannya di meja tamu Anda. Oleh karena itu, menu kode QR dapat membantu Anda mengurangi biaya pencetakan, yang penting karena inflasi biaya menu meningkat pesat.
Item menu dapat diperbarui tanpa mencetak ulang. Merupakan hal yang umum bagi restoran untuk sering memperbarui menu mereka dengan menambah/menghapus item, mengubah harga, dll. Namun, memperbarui menu bisa mahal. Menu harus dicetak ulang setiap kali menu diperbarui. Ini dapat meningkatkan biaya pencetakan menu dan mengurangi keuntungan Anda.
Menu kode QR menjadi solusi dari masalah ini. Kode QR menu memberikan kemampuan pengeditan waktu nyata untuk mengedit item menu tanpa harus mencetak ulang kode QR. Jadi, Anda dapat menambah atau menghapus item, mengubah harganya, dll. Semuanya menggunakan kode QR menu yang sama.
Selain itu, menu kode QR berguna saat hidangan tertentu tidak tersedia. Anda dapat langsung mencoret hidangan yang tidak tersedia di menu digital. Hasilnya, tamu akan mengetahui sebelumnya item mana yang tidak akan tersedia, sehingga meningkatkan pengalaman tamu.
7. Mendapatkan data pelanggan
Menu kode QR juga dapat membantu Anda mengumpulkan data pelanggan yang berharga dan lebih mengenal tamu Anda. Anda dapat mengetahui makanan apa yang mereka pesan dan waktu yang mereka sukai untuk pergi ke restoran. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk mengirimkan pesan dan email yang dipersonalisasi kepada tamu Anda dan membangun hubungan yang berarti dengan mereka. Selain itu, Anda dapat melihat lokasi yang dipindai dan perangkat yang digunakan. Data ini bisa berharga jika Anda memiliki banyak restoran.
8. Mempromosikan website dan aplikasi Anda
Menu kode QR juga bisa menjadi alat pemasaran yang sangat baik. Anda dapat memberikan tautan ke situs web atau aplikasi seluler Anda di halaman menu. Pengguna yang tertarik dapat dengan mudah mengunjungi situs web Anda atau mengunduh aplikasi Anda tanpa melakukan pencarian manual. Ini adalah pemasaran gratis dan efektif.
9. Meningkatkan pengalaman pelanggan
Menu kode QR meningkatkan pengalaman tamu dalam beberapa cara. Mereka memberikan pengalaman tanpa sentuhan sehingga pelanggan merasa aman. Selain itu, para tamu dapat mengakses menu, melihat item yang tersedia, dan memesan makanan secara instan di ponsel mereka. Karenanya, menu kode QR sangat membantu dalam memberikan pengalaman bersantap yang lebih menyenangkan kepada tamu Anda.
Ikuti pelatihan terbaik ini untuk mendapatkan hasil terbaik dari QR menu Anda:
1. Dekorasikan QR menu Anda
Banyak restoran membuat kesalahan dengan kode QR hitam putih yang membosankan. Tambahkan daya tarik ke kode QR Anda dengan bentuk, warna, stiker, logo QR, dan elemen khusus lainnya. Mendorong orang untuk memindai kode QR menu Anda dan tiba di halaman menu tidaklah cukup. Memberi mereka pengalaman hebat di halaman menu Anda sangat penting. Ada dua hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat menu digital Anda mudah digunakan:
a. Buat halaman menu ramah seluler yang mudah dimuat, dilihat, dan dinavigasi di perangkat seluler.
b. Rancang menu digital Anda agar selaras dengan merek Anda. Jadikan kode QR menu Anda mudah dipindai. Tamu harus dapat memindai kode QR menu Anda dalam sekali percobaan. Cetak kode QR minimal berukuran 1 x 1 inci agar tamu dapat dengan mudah memindainya. Selain itu, jika Anda membuat kode QR berwarna, gunakan warna kontras untuk pemindaian yang lancar.
2. Update menu Anda secara rutin
Perbarui konten menu Anda secara konstan, termasuk item dan harga. Lebih penting lagi, item yang tidak tersedia disorot. Rintangan terbesar bagi para tamu adalah menghabiskan beberapa menit untuk memutuskan sesuatu untuk dipesan, hanya untuk menemukan bahwa itu tidak tersedia. Buat hidup lebih mudah bagi tamu dengan memberi tahu mereka sebelumnya tentang barang yang tidak tersedia.
Fungsi lain dari QR menu restoran
Selain menu nirsentuh, restoran dapat menggunakan kode QR untuk pemasaran, mengumpulkan feedback, menarik pelanggan, dan banyak lagi. Mari kita lihat beberapa kegunaan kode QR lainnya di restoran.
1. Pelanggan dapat melakukan reservasi
Anda dapat menggunakan kode QR agar orang dapat memesan tempat terlebih dahulu. Cetak kode QR di iklan cetak, papan reklame, dan lainnya untuk mengarahkan orang ke halaman pemesanan Anda. Orang dapat memindai kode QR dan melakukan reservasi dalam beberapa langkah sederhana.
2. Membagikan lokasi Anda, jam operasional dan informasi lainnya
Pemilik restoran dapat membuat kode QR bisnis untuk membagikan informasi penting tentang restoran mereka, seperti alamat, detail kontak, dan jam buka. Setelah memindai kode QR, pengguna akan dibawa ke halaman tampilan profil bisnis dengan detail restoran Anda.
3. Anda dapat meletakan QR bisnis Anda di iklan surat kabar, iklan TV, papan reklame, dan lain-lain.
Selain itu, Anda dapat membagikan lokasi peta restoran Anda menggunakan kode QR lokasi. Kode QR mengarahkan pengguna ke aplikasi Google Maps tempat lokasi tujuan telah dimasukkan. Yang perlu mereka lakukan hanyalah mengikuti petunjuk.
4. Mengumpulkan komen dan feedback
Ulasan sangat penting untuk kesuksesan dan pertumbuhan restoran Anda. 92% konsumen membaca ulasan restoran dan 33% tidak akan pernah makan di restoran dengan peringkat kurang dari 4 bintang. Namun, membuat orang menilai restoran Anda bisa jadi menantang.
Anda dapat menggunakan kode QR feedback restoran untuk mendapatkan lebih banyak ulasan pelanggan. Umpan balik Kode QR membawa orang ke formulir umpan balik, yang dapat mereka isi untuk mengirimkan feedback. Tempatkan umpan balik kode QR di konter kasir atau di meja tamu untuk memudahkan tamu berbagi umpan balik.
5. Membawa orang ke website Anda
Kode QR dapat membantu Anda membawa tamu di toko ke situs web Anda. Buat kode QR URL untuk situs web Anda dan letakkan di atas meja, tagihan, dan di mana saja di restoran. Tamu dapat memindai kode QR untuk mengunjungi situs web Anda dan berinteraksi dengan bisnis Anda secara online. Ini adalah cara yang efektif untuk membangun hubungan yang bermakna dengan konsumen Anda dan mendorong kunjungan berulang.
6. Mempromosikan media sosial Anda
Pemasaran media sosial telah menjadi prioritas utama bagi restoran. Misalnya, McDonald's memiliki 925.000 pengikut di media sosial, Starbucks memiliki 668.000 pengikut, KFC dan Pizza Hut masing-masing memiliki 608.000 dan 356.000 pengikut. Selain itu, 10 rantai makanan cepat saji teratas memiliki gabungan pengikut media sosial lebih dari 37,2 miliar, lebih banyak dari populasi Amerika Serikat.
Anda dapat menggunakan kode QR media sosial untuk mempromosikan profil media sosial Anda. Kode QR akan mengarahkan pengguna ke halaman tampilan dengan tautan ke semua profil media sosial Anda. Ini bertindak sebagai satu sumber untuk semua pegangan media sosial Anda.
7. Meningkatkan pengunduh aplikasi
Memiliki aplikasi seluler adalah tren utama di ruang restoran. Restoran populer, terutama rantai makanan cepat saji seperti Starbucks, McDonald's, Domino's, Pizza Hut, dan Burger King, memiliki aplikasi seluler. Restoran menggunakan aplikasi seluler untuk menerima pesanan langsung, mengumpulkan data pihak pertama, dan membangun hubungan yang bermakna dengan konsumen.
Jika Anda memiliki aplikasi, Anda dapat menggunakan kode QR unduhan aplikasi untuk mempromosikannya dan meningkatkan unduhan. Setelah memindai kode QR, pengguna akan dibawa ke halaman tampilan dengan tautan unduhan untuk versi Android dan iOS. Mereka dapat memilih sistem operasi mereka dan mengunduh aplikasi.
Kesimpulan
Industri restoran berkembang pesat, dengan tren baru yang muncul setiap tahun. Kode QR telah melampaui tren restoran—ini adalah peningkatan teknologi penting yang dapat membantu restoran memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.
Menu kode QR sangat penting untuk semua restoran, terlepas dari jenis dan ukurannya. Mereka memungkinkan Anda untuk menawarkan pengalaman bersantap tanpa kontak sambil membuat proses pemesanan cepat dan efisien.
Aplikasi kasir OrderPin menyediakan fitur QR menu dimana pelanggan dapat memesan langsung dari meja dengan memindai/scan QR menggunakan ponsel mereka dan pesanan akan otomatis terintegrasi dengan sistem kasirOrderPin. Sistem kasir OrderPin bersifat gratis seumur hidup tanpa syarat apapun dan bisa gunakan oleh siapa saja.
Selain itu, Anda dapat menggunakan kode QR dari OrderPin untuk menerima pemesanan online, meningkatkan lalu lintas situs web, mengumpulkan umpan balik, mempromosikan profil media sosial Anda, dan banyak lagi.