Melakukan iklan untuk restoran Anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit? Mungkin Anda belum mengenal Google Business Profile. Melalui Google Business Profile Anda dapat mengiklankan restoran Anda dan menarik pelanggan baru secara gratis!
4 dari 5 konsumen menggunakan mesin pencari seperti Google untuk menemukan informasi dan 50% konsumen yang melakukan pencarian lokal di smartphone mereka mengunjungi restoran hasil pencarian yang mereka temui mereka dalam sehari. Artinya, untuk meningkatkan visibilitas lokal dan dipertimbangkan, salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat dan mengoptimalkan profil bisnis restoran Anda di Google. Artikel ini akan membantu Anda dalam cara membuat akun Google Business Profile dan bagaimana cara mengoptimalkannya.
Apa itu Google Business Profile
Google Business Profile atau yang sebelumnya dikenal sebagai Google My Business adalah alat gratis yang memungkinkan Anda mengelola tampilan restoran Anda saat seseorang menelusurinya di Google atau Google Maps.
Setelah membuat atau mengklaim Profil Bisnis restoran, Anda dapat mempersonalisasi nya dengan informasi seperti kontak, deskripsi, jam operasional, foto, penawaran, dan lainnya. Anda bahkan dapat membiarkan pelanggan melakukan reservasi dan memesan makanan secara online langsung dari listingan Anda.
Manfaat Google Business Profile
Google menyumbang 78% traffic pencarian desktop secara global dan bahkan lebih banyak lagi di seluler, jadi Anda perlu memastikan calon pelanggan dapat menemukan Anda di sana. Berikut beberapa manfaat memiliki Google Business Profile:
1. Mengatur informasi
Membuat Google Business Profile untuk restoran memungkinkan Anda mengontrol informasi yang ditampilkan di Google Penelusuran dan Google Maps seperti alamat, jam buka, nomor telepon, opsi pemesanan, dan lainnya.
2. Interaksi dengan pelanggan
Dengan fitur seperti berbagi pembaruan, menanggapi ulasan, dan menambahkan gambar, Anda akan dapat terhubung dengan pelanggan dengan cara baru.
3. Menghadirkan restoran Anda di Google Maps
Hasil Google dioptimalkan untuk membantu pengguna menemukan bisnis terdekat, jadi memiliki Google Business Profile untuk restoran Anda akan membantu orang menemukan Anda. Plus, Anda bahkan dapat menerima reservasi dan pesanan online dari profil Anda, mengubah pencari menjadi pelanggan dengan segera.
Cara Membuat Google Business Profile
Jadi, Anda ingin membuat Google Profil Bisnis untuk restoran Anda, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana. Berikut panduan mengenai langkah-langkah sederhana dalam membuat Google Business Profile:
1. Buka situs Google Business Profile.
2. Pilih jenis bisnis Anda. Ada 3 kategori bisnis.
3. Masukan kategori bisnis
4. Masukan alamat bisnis
5. Lengkapi kotak bisnis
6. Verifikasi telepon Anda
7. Sesuaikan jam kerja
8. Lengkapi layanan bisnis
9. Tambahkan deskripsi bisnis
10. Tambahkan foto menu
Setelah 10 langkah di atas sudah Anda jalankan, Google Business Profile Anda sudah dapat dicari dan ditemukan oleh pelanggan Anda.
Cara Mengoptimalkan Google Business Profile
Setelah akun Anda sudah siap digunakan, Anda akan bersaing dengan ribuan bahkan jutaan akun lainnya. Tidak mudah untuk muncul pada halaman teratas mesin pencari. Berikut tips cara mengoptimalkan Google Business Profile Anda agar mudah ditemukan oleh pelanggan Anda:
1. Tambahkan deskripsi
Restoran yang tidak mengisi deskripsi pada Google Business Profile mereka, sama saja dengan tidak memberitahu pelanggan apa pun tentang restoran tersebut selain fakta bahwa itu adalah restoran. Sebaliknya, dengan melengkapi deskripsi akan memberikan lebih banyak informasi tentang restoran tersebut, seperti restoran Jepan, Timur Tengah, dan sebagainya, sehingga memudahkan pengguna untuk memutuskan apakah mereka ingin bersantap di sana.
Pastikan untuk menyertakan informasi berguna yang membantu pembaca mempelajari restoran Anda daripada berfokus pada promosi atau diskon. Anda juga disarankan untuk memasukkan kata kunci yang akan dikaitkan dengan pelanggan dengan restoran Anda. Misalnya, jika Anda menyajikan masakan Jepang, pastikan Anda menyertakan frasa seperti “restoran Jepang”, “hidangan Jepang”, atau “masakan Jepang”. Dengan begitu, saat seseorang menelusuri kata yang sama, restoran Anda kemungkinan besar akan muncul di beberapa hasil penelusuran lokal pertama.
2. Pastikan jam operasional akurat
Sering kali restoran menambahkan jam operasionalnya saat membuat profil dan tidak mengunjunginya kembali seiring berjalannya waktu, yang menyebabkan kebingungan dan ketidakselarasan. Jika jam operasional restoran Anda berbeda pada akhir pekan atau hari libur nasional, gunakan fitur 'Jam Khusus' untuk menyampaikan perubahan tersebut.
Google juga memberi Anda opsi untuk mengatur jeda jam kerja. Jadi, jika restoran Anda tutup antara pukul 15.00 hingga 19.00 setiap hari, pastikan itu juga tercantum di daftar Anda.
3. Unggah foto dan video
Sangat menarik untuk dicatat bahwa 60% konsumen lebih mempertimbangkan restoran yang memiliki gambar. Google Business Profile memungkinkan Anda menambahkan foto dan video berdurasi 30 detik. Ada tiga jenis gambar yang dapat Anda tambahkan:
Logo restoran
Foto sampul (muncul di bagian atas profil Anda)
Foto tambahan eksterior, interior, dan hidangan restoran Anda
Menambahkan visual ke profil Anda adalah cara yang bagus untuk menanamkan kepercayaan pada pelanggan dan memikat mereka ke restoran Anda. Jadi, gunakan foto dan video untuk menceritakan kisah visual dan beri tahu orang sekilas tentang restoran Anda sebelum mereka memutuskan untuk makan di restoran Anda.
4. Tanggapi ulasan pelanggan
Profil bisnis Anda di Google bukanlah alat komunikasi satu arah. Pelanggan Anda juga memiliki opsi untuk memberikan ulasan, menilai restoran Anda, mengajukan pertanyaan, atau membagikan foto pengalaman mereka.
Di industri restoran, 93% konsumen melihat ulasan. Ini berarti Anda harus mendorong pelanggan Anda untuk meninggalkan ulasan karena berfungsi sebagai bukti sosial dan memiliki potensi untuk menarik pelanggan baru.
Mengumpulkan ulasan itu bagus, sama pentingnya untuk menanggapi ulasan tersebut (baik atau buruk) di profil bisnis Anda. Ini menunjukkan bahwa Anda mendengarkan dan peduli dengan umpan balik mereka.
5. Tambahkan FAQ
Fitur menarik Google Business Profile lainnya adalah fitur FAQ atau Tanya Jawab yang memungkinkan pengguna bertanya tentang restoran Anda. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat dijawab oleh pemilik bisnis dan pelanggan.
Meskipun penting untuk menjawab pertanyaan yang Anda terima, taktik bagus lainnya adalah membuat bagian FAQ Anda di sini. Bagaimana kamu melakukannya? Buat daftar pertanyaan umum dan jawab sendiri. Ini berfungsi sebagai panduan cepat dan bermanfaat bagi pengguna yang mencari jawaban.
Jika Anda menemukan pertanyaan atau jawaban yang tidak pantas, pastikan untuk segera menghapusnya sehingga Anda dapat melindungi reputasi merek Anda.
Kesimpulan
Anggaplah Profil Bisnis Anda di Google sebagai iklan papan reklame yang perlu mengkomunikasikan hal-hal penting, menarik pelanggan, dan meyakinkan mereka untuk makan di restoran Anda. Jangan berhenti hanya dengan mendaftarkan restoran Anda, dengan menggunakan OrderPin, Anda dapat memiliki website bisnis Anda sendiri secara GRATIS!
OrderPin merupakan Google Official Partner.OrderPin dapat membantu Anda dalam membuat website pribadi dan meningkatkan peringkat Google Anda melalui optimalisasi SEO. Selain layanan ini 100% gratis, Anda dapat melengkapi semua informasi restoran Anda hanya melalui satu aplikasi saja, mulai dari jam buka, lokasi, hingga menu dan otomatis akan sinkron dengan informasi bisnis Anda di Google juga. OrderPin juga dapat menyediakan halaman e-menu untuk pelanggan Anda dapat memesan dari rumah atau melakukan reservasi tempat.