Pengertian Media Promosi Beserta Jenisnya

#Tingkat Lanjutan#Insight Pemasaran#media promosi#jenis media promosi#media promosi yang efektif
2023-01-30
Media promosi yang akan Anda gunakan, akan menjadi salah satu faktor utama keberhasilan dari promosi yang sedang Anda lakukan. Artikel ini akan menjelaskan seputar media promosi sehingga Anda dapat memilih media promoi dengan tepat.
Saat ini persaingan bisnis yang terjadi semakin ketat. Segala aspek dalam suatu bisnis termasuk pemasaran, mempunyai ajang persaingannya sendiri. Perhatikan perilaku pelanggan Anda, karena sekarang pelanggan sangat memperhatikan hal-hal detail yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Media yang digunakan saat melakukan promosi, sangat berperan penting untuk memenangkan persaingan. Penggunaan media promosi yang tepat, dapat membantu bisnis Anda berkembang dan memenangkan hati pelanggan Anda

Pengertian Media Promosi

Media promosi terdiri dari dua kata yaitu, media dan promosi. Maka perlu melihat pengertian media promosi dari masing-masing kata terlebih dahulu
Media adalahtools atau sarana komunikasi. Media merupaakan kata dari bahasa latin yaitu medium. Secara Harfiah, media mempunyai arti perantara. Perantara yang dimaksud adalah perantara antara sumber pesan (pemberi pesan) dan penerima pesan tersebut.
Promosi adalahseluruh rangkaian kegiatan, yang mengomunikasikan produk, merek, atau layanan kepada calon penggunanya. Tujuannya adalah untuk membuat orang sadar, menarik, dan membujuk untuk membeli produk Anda dan lebih disukai daripada produk pesaing. Pada umumnya, kegiiatan promosi adalah kegiatan memberikan informasi atau menawarkan sebuah produk kepada pelanggan sehingga pelanggan akan mengkonsumsi, membeli dan menggunakan produk tersebut.

Tujuan Promosi

Setelah mengetahui dan memahami tentang definisi dari media promosi, pasti Anda sudah dapat menggambarkan media promosi pada bisnis Anda. Promosi juga memiliki tujuan yang sangat bermanfaat untuk keberlangsungan dan perkembangan bisnis Anda. Berikut kami rangkum beberapa tujuan utama dari promosi.
1. Menarik Perhatian
Tujuan promosi yang pertama yaitu untuk menarik perhatian dari target pelanggan yang Anda sasar. Sebelum pelanggan menggunakan suatu produk berupa barang atau jasa, pasti calon pelanggan akan memberikan perhatiannya terlebih dahulu untuk mengetahui produk tersebut lebih lanjut. Seperti pada teori brand awareness dalam pemasaran, bahwa sebuah merek harus mendapatkan perhatian calon pelanggannya terlebih dahulu sebelum mereka memutuskan untuk mengkonsumsi produk yang Anda tawarkan.
2. Menyebarkan Informasi
Promosi juga bertujuan untuk menyebarkan informasi bagi target pelanggan Anda. Anda dapat mencantumkan informasi terkait produk Anda untuk menarik perhatian mereka. Namun sekarang pelanggan tidak puas jika hanya disajikan dengan informasi seputar produk yang Anda jual, informasi seputar industri terkait seperti berita, tips, atau kisah merupakan informasi yang menarik untuk calon pelanggan. Calon pelanggan akan merasa terpuaskan karena Anda menyajikan informasi yang jelas dan dikemas sesuai dengan karakter calon pelanggan Anda. Cara tersebut memang bukan untuk direct selling melainkan Anda melakukan promosi secara soft selling.
3. Menjangkau segmen tertentu
Masing-masing segmen pelanggan mempunyai karakternya sendiri yang berdampak kepada cara pendekatan untuk menjangkau mereka. Promosi dapat menjadi salah satu cara yang tepat untuk menjangkau masing-masing segmen tersebut. Misalnya Anda mempunyai beberapa cabang restoran di berbagai daerah di Indonesia. Mungkin promosi yang Anda lakukan akan berbeda beda untuk menjangkau calon pelanggan sesuai dengan segmennya masing-masing.
4. Menciptakan citra merek
Citra merek dimata pelanggan, sekarang menjadi hal yang sangat krusial melihat sekarang banyak pelanggan yang ingin membeli barang sesuai dengan value mereka masing-masing. Citra merek dibentuk dari seluruh bagian pada bisnis Anda dan promosi adalah cara untuk menyampaikan citra merek yang Anda ingin bangun. Misalnya Anda mempunyai coffee shop dan Anda ingin membangun citra merek “coffee shop yang cocok untuk pecinta motor”. Maka mungkin dari mulai desain toko Anda, presentasi produk, hingga seragam karyawan Anda harus disesuaikan. Promosi merupakan cara Anda untuk memberitahukan semua hal di atas kepada pelanggan Anda.
5. Mengingatkan
Setelah Anda sudah melakukan promosi untuk menarik perhatian, menyebarkan informasi, menjangkau segmen tertentu dan menciptakan citra merek, sekarang saatnya Anda untuk melakukan promosi untuk mengingatkan calon pelanggan Anda atas segala promosi yang telah Anda lakukan. Promosi ini biasanya dalam bentuk komunikasi berulang yang bertujuan untuk mengangat topik yang sama. Harapannya, dengan promosi yang bertujuan mengingatkan calon pelanggan Anda, mereka akan lebih cepat untuk memutuskan mengkonsumsi produk barang atau jasa yang Anda sediakan.

Jenis-jenis media promosi

Setelah mengetahui tujuan dari promosi yang Anda ingin lakukan, adapun berbagai jenis media promosi yang dapat Anda pilih untuk memasarkan suatu produk atau barang Anda. Berikut 3 jenis media promosi yang sering kali dilakukan:
1. Media Fisik
Promosi media fisik, dapat diterakan pada kegiatna fisik seperti acara, contohnya seperti koser, pentas seni, teater, bahkan pameran. Kegiatan promosi menggunakan media fisik, pada umumnya pedagang membuka bisnisnya di acara tersebut untuk menjual dan menyebarkan informasi akan produknya yang ingin dijual.
Media promosi fisik mempunyai kelebihan yang memungkinkan sebuah bisnis menjangkau dan berkomunikasi secara langsung pada calon pelanggannya yang sudah mereka targetkan. Namun, kekurangannya adalah media promosi ini mempunyai kapasitas yang sangat terbatas untuk menjangkau calon pelanggannya. Seperti pada sebuah acara, pasti yang akan Anda jangkau hanyalah orang yang datang ke acara tersebut. Promosi ini biasanya dilakukan di lokasi sesuai dengan keberadaan target pelanggan yang sudah ditentukan di awal
2. Media Tradisional
Promosi media tradisional, walaupun namanya mengandung kata tradisional, nyatanya promosi melalui media ini masih sangat efektif digunakan di Indonesia. Contoh media tradisional adalah televisi, radio, papa reklame, banner dan lainnya.
Promosi melalui media tradisional memiliki daya jangkau yang lebih luas dari media fisik dan bisa menjangkau banyak orang selama diletakan di tempat yang strategis. Namun, kekurangannya adalah biaya yang cukup mahal dan media ini tidak dapat berinteraksi secara langsung dengan pelanggannya
3. Media Digital
Media yang satu ini merupakan media yang sekarang paling sering digunakan oleh banyak pelaku bisnis. Pada era digital ini dimana semua orang banyak melakukan aktivitasnya melalui dunia digital, melakukan promosi lewat media digital akan menjadi sangat efektif karena seakan bisa hadir di sela kegiatan mereka. Contohnya yaitu seperti media sosial instagram, tiktok, youtube, mesin pencari google, website dan lainnya.
Melalui promosi media digital, Anda dapat memiliki keunggulan yaitu dapat menjangkau pelanggan Anda hingga di belahan dunia lain. Harga yang tergolong murah pun menjadi keunggulan utama dari media ini. Banyaknya pengguna media promosi ini, menjadi kekurangannya karena Anda harus sangat kreatif untuk membuat suatu konten promosi yang dapat menarik perhatian pelanggan Anda.

Kesimpulan

Pada akhirnya Anda bisa memilih media mana saja yang tepat digunakan untuk mempromosikan bisnis. Kadang memilih media promosi saja tidak cukup. Ada beberapa faktor X yang ikut mempengaruhi bisnis Anda mulai dari kondisi brand, kas cadangan, hingga divisi terkait yang ada. Maka sangat tepat bila memilih media promosi yang cocok untuk mengembangkan bisnis Anda.