Menyiapkan sistem pemesanan online restoran yang cepat dan mudah adalah cara yang bagus untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan. Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan internet terutama untuk memeriksa informasi restoran dan mencari detail tentang pemesanan makanan, sistem pemesanan online restoran menjadi lebih penting daripada sebelumnya.
Pemesanan online untuk restoran menjadi tambahan yang populer di banyak bisnis restoran. Sistem pemesanan ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan dan menyiapkannya untuk diambil, tanpa harus menelepon atau datang ke restoran dan menunggu sampai mereka menerima pesanan mereka.
Apa itu Sistem Pemesanan Restoran Online?
Sistem pemesanan online restoran adalah bagian terdepan dari online bisnis Anda. Dengan bantuan menu (yang diunggah di situs web) Anda, pelanggan dapat menjelajahi menu Anda dan melakukan pemesanan. Sistem pemesanan restoran ini dirancang untuk bekerja di perangkat apa pun, termasuk smartphone, tablet, laptop, dan komputer desktop, sehingga pelanggan Anda tidak memiliki masalah dengan pemesanan online untuk restoran.
Dengan menggunakan sistem pemesanan online restoran, Anda dapat mengatur menu restoran dan menjalankan promosi. Pelanggan Anda akan menikmati opsi untuk melakukan pemesanan dari kenyamanan rumah mereka sendiri atau saat mereka sedang dalam perjalanan melalui smartphone atau tablet mereka.
Manfaat Sistem Pemesanan Restoran Online
Manfaat menggunakan sistem pemesanan online restoran memberikan pengembalian investasi yang besar. Dengan sedikit biaya bulanan, Anda dapat mengatur pemesanan online untuk restoran dan mulai meningkatkan penjualan dan produktivitas. Beberapa alasan utama untuk menggunakan pemesanan online untuk restoran meliputi:
1. Meningkatkan Pendapatan
Pemesanan online memungkinkan pelanggan menjelajahi semua yang ditawarkan restoran, tanpa merasa terkendala waktu yang dibutuhkan oleh datang dan memesan langsung di restoran. Melalui pemesanan online, orang mungkin berpotensi berbelanja lebih banyak, dan bahkan memesan lebih banyak item menu. Dengan pemesanan online, Anda memberi lebih banyak kesempatan kepada orang untuk memesan makanan Anda. Dengan lebih banyak kesempatan datang lebih banyak pendapatan. Anda bahkan dapat memberi pelanggan potensi untuk memesan 24/7 saat restoran Anda tidur. Dengan begitu, pelanggan dapat merencanakan apa yang mereka inginkan sebelumnya, dan mampir ke restoran Anda untuk mengambil pesanan mereka sesuai keinginan mereka.
2. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Saat Anda tidak membutuhkan karyawan yang menjaga telepon untuk menerima pesanan melalui telepon, Anda dapat menggunakannya untuk tugas di dalam restoran. Pemesanan online meningkatkan beberapa faktor pengalaman pelanggan di restoran. Produktivitas restoran meningkat ketika mereka mampu mendedikasikan lebih banyak orang untuk interior restoran. Misalnya, membantu sesama karyawan membersihkan meja lebih cepat. Memiliki lebih banyak orang membantu tugas sehari-hari juga dapat mengurangi beban stres karyawan Anda. Faktor lain yang berkontribusi terhadap peningkatan pengalaman pelanggan adalah layanan yang lebih cepat, lebih sedikit kesalahan, dan umpan balik pelanggan yang lebih baik.
3. Meningkatkan Upaya Pemasaran
Sistem pemesanan online adalah tempat yang tepat untuk mengiklankan promosi apa pun atau memaksimalkan upaya pemasaran Anda. Dominos adalah contoh yang baik dari konsep ini. Mereka mengizinkan Anda untuk memilih salah satu kupon mereka untuk diterapkan pada pesanan Anda secara online sebelum Anda membayar. Memiliki sistem pemesanan online sangat bagus untuk mendapatkan email pelanggan, dan Anda dapat memasarkan ulang orang-orang ini dengan promo spesial musiman, acara, dan promosi tertentu.
4. Lebih Mudah Mendapatkan Data Pelanggan
Dalam bisnis F&B yang semuanya tentang pelanggan, mengetahui sebanyak mungkin tentang orang-orang yang datang ke restoran Anda bisa menjadi keuntungan yang luar biasa. Akan jauh lebih sulit untuk melacak item menu online dari pesanan telepon daripada langsung di platform pemesanan online. Jika Anda memiliki sistem POS, Anda dapat dengan mudah mengintegrasikan sistem pemesanan online Anda. Dengan integrasi itu, Anda dapat mengambil laporan yang menganalisis data pelanggan tentang item menu mana yang terjual lebih banyak, dan bahkan item menu mana yang paling banyak dihabiskan orang, serta item menu mana yang tidak laku.
5. Mengurangi Human Error
Dengan pesanan telepon, ada kemungkinan yang jauh lebih tinggi bahwa pesanan bisa tidak akurat. Orang-orang berbicara pada tingkat volume yang berbeda, dan dengan suara latar yang keras, hal-hal dapat dengan mudah terlewatkan atau salah dengar. Hambatan bahasa juga bisa menjadi masalah dengan akurasi pesanan telepon.
6. Memperluas Basis Pelanggan
Satu hal tentang pemesanan online adalah sudah menjadi kebiasaan hampir setiap orang. Ketika Anda menemukan restoran Cina yang sangat enak dan memungkinkan Anda memesan secara online dengan mudah. Seberapa besar kemungkinan Anda mencoba tempat baru? Sangat kecil! Menerapkan sistem pemesanan online adalah cara yang bagus untuk mengubah pencari online yang ingin tahu menjadi pelanggan tetap. Jika Anda sudah mendapatkan banyak traffic dari situs web restoran Anda, mengapa tidak memberi pengunjung ini kesempatan ekstra untuk berkonversi langsung di situs web Anda. Pencari internet selalu mencari makanan enak, tetapi ketika Anda memadukannya dengan kenyamanan, Anda dengan mudah mendapatkan peningkatan pelanggan.
7. Hemat Biaya
Setiap detik di restoran menghabiskan uang. Saat pelanggan datang ke restoran untuk memesan, mereka berpotensi memakan waktu lama, terutama jika mereka baru mengenal restoran tersebut dan tidak terbiasa dengan menu Anda. Mengalihkan konsentrasi Anda ke konsep pemesanan online yang terfokus akan memudahkan staf Anda untuk berurusan dengan pelanggan yang datang langsung. Kerumitan yang berkurang ini juga akan mengurangi waktu yang hilang yang mungkin dialami staf.
Kesimpulan
Menyiapkan pemesanan online untuk restoran adalah proses yang sederhana dan cepat. Dengan software pemesanan online yang bagus, menu Anda dapat aktif dan berjalan dalam hitungan jam. Setelah mendaftar, Anda dapat mulai memasukkan menu Anda. Anda juga akan menerima panduan pengguna untuk menyiapkan dan mengkonfigurasi menu Anda. Jika Anda memerlukan bantuan tambahan, tersedia kotak dukungan dari dasbor pengguna Restoran Anda.
Aplikasi kasir gratis OrderPin dapat membantu Anda untuk membuat halaman pemesanan online secara gratis. OrderPin menyediakan jasa pembuatan website yang dapat Anda gunakan untuk informasi kepada pelanggan Anda. Melalui halaman e-menu dari OrderPin, pelanggan Anda dapat memesan secara online dengan dua opsi pengambilan, delivery dan self-pickup.
YummyAdvisor menyediakan halaman ulasan untuk restoran Anda dan sudah terintegrasi dengan e-menu dari OrderPin, sehingga pelanggan Anda dapat melihat ulasan restoran Anda sekaligus memesan melalui e-menu restoran Anda. Sangat efektif bukan!