Pengiriman makanan online telah bertumbuh secara signifikan selama 5 tahun terakhir. Pengiriman makanan dari platform-ke-konsumen menjadi segmen pasar terbesar, dengan layanan pengiriman seperti Gofood, Grabfood, dan Shopee Food menangani jasa pengiriman. Saat industri makanan dan minuman beralih ke layanan pesan antar dan bawa pulang, bisnis restoran yang hanya fokus pada penjualan offline perlu beradaptasi. Revolusi pengiriman makanan telah membuka jalan bagi ghost kitchen, yang menjanjikan untuk mengoptimalkan dan memperluas layanan pengiriman dengan biaya minimal dibandingkan dengan dapur komersial. Dengan perubahan yang disebabkan oleh COVID-19 mendorong industri ini bertahan hingga bertahun-tahun ke depan, karena jutaan orang di seluruh dunia mulai memesan (lebih banyak) makanan secara online. Sementara lonjakan permintaan ini mungkin mereda setelah dunia kembali normal dari pandemi, namun pemesanan online dan pengiriman makanan akan tetap ada.
Artinya, restoran dan bisnis lain yang menawarkan pengiriman harus membuat strategi pengiriman yang sukses untuk menarik minat konsumen dan menonjol dari pesaing mereka. Strategi pengiriman yang solid juga harus menghilangkan masalah umum yang terkait dengan pemesanan makanan online. Berikut adalah beberapa masalah pengiriman yang paling umum dan solusi yang dapat Anda terapkan.
1. Mencacat ulang pesanan online ke POS
Banyak restoran menugaskan salah satu karyawan mereka khusus untuk menangani pesanan online, menerima pesanan pengiriman dan pengambilan di tablet untuk menerima pesanan online, dan memasukkannya ke sistem tempat penjualan restoran Anda dengan tangan (sistem POS). Tugas manual ini, yang padat waktu dan tenaga, menciptakan penundaan dalam aliran pesanan. Menggandakan pesanan secara manual juga menyebabkan penundaan di dapur, karena staf dapur Anda tidak menerima pesanan sampai setelah pesanan dimasukan ke POS restoran. Setelah dapur mendapatkan tiket pesanan online, semuanya terlihat berbeda berdasarkan tata letak tiket khusus layanan pengiriman. Masukkan kebingungan - dan waktu pengiriman bahkan lebih lambat. Masalah lain dari memasukan kembali pesanan online ke dalam POS adalah rentan terhadap kesalahan karena human error. Membuat kesalahan hanyalah manusiawi, tetapi kesalahan dalam pesanan pelanggan akan menyebabkan keluhan, frustrasi, dan hilangnya pendapatan serta bisnis yang berkurang.
Solusi:
Dengan mengotomatiskan proses pemesanan online agar langsung diterima oleh POS, Anda dapat menghilangkan kesalahan manusia dan membebaskan waktu staf Anda, sehingga mereka dapat fokus untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Dengan pesanan yang dikirim secara otomatis ke POS Anda dan tiket dicetak di dapur dalam format yang konsisten, operasi pengiriman Anda akan berjalan lebih lancar.
2. Banyak perangkat untuk setiap online food delivery platform
Saat Anda mengirimkan makanan, bekerja sama dengan beberapa online food delivery platform adalah strategi cerdas untuk meningkatkan bisnis Anda. Setiap layanan pengiriman yang bekerja sama dengan restoran Anda akan mengirimkan perangkat mereka sendiri, biasanya tablet, dengan perangkat lunak khusus platform. Jika restoran Anda terdaftar di 3 platform, itu artinya Anda akan memiliki 3 tablet + 1 tablet POS. Sekarang bayangkan Anda menjalankan ghost kitchen dengan 10 brand yang masing-masing tersedia di 3 platform pengiriman yang berbeda. Artinya Anda memiliki 30 tablet! Anda tidak hanya harus memastikan tablet ini selalu menyala - ini diperlukan untuk menunjukkan bahwa toko online Anda buka - Anda juga harus memastikan staf Anda selalu dapat mendengar pemberitahuan pesanan yang masuk, sehingga Anda dapat menerimanya dan mengirimkannya tiket ke dapur. Tidak heran restoran menciptakan ungkapan "neraka tablet" untuk menggambarkan kekacauan yang pasti memasuki restoran saat mengelola semua perangkat yang berbeda ini.
Solusi:
Untungnya, masalah ini dapat diatasi dengan mengintegrasikan pesanan pengiriman Anda ke dalam sistem point-of-sale Anda, secara otomatis menarik semua pesanan Anda dari beberapa layanan pengiriman dan mengirimkannya untuk langsung diterima oleh POS Anda. Meskipun Anda masih harus menyimpan tablet Anda secara online, Anda dapat memasukkannya ke dalam lemari dan mengelola seluruh aliran pengiriman hanya dengan menggunakan satu perangkat terpusat. Ini memungkinkan Anda mengumpulkan pesanan dari berbagai platform di berbagai lokasi dari satu tablet, memproses pesanan dengan cara yang paling efisien.
3. Tidak dapat memperoleh data penjualan semua platform
Menganalisis data penjualan Anda adalah salah satu cara terbaik dan tercepat untuk mengoptimalkan dan berkembang. Namun, jika restoran Anda tersedia di beberapa platform pemesanan online, mungkin sulit untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang semua penjualan online Anda. Idealnya, Anda ingin melihat penjualan online dan offline Anda berdampingan, dalam satu pelaporan yang jelas. Namun jika Anda bekerja dengan beberapa penyedia jasa pengiriman, itu berarti semua data penjualan Anda akan terpisah sesuai dengan platformnya masing-masing. Masalah umum lainnya yang dihadapi restoran pengiriman adalah bahwa mereka tidak memiliki data real-time tentang penjualan online mereka. Untuk menghemat waktu staf, yang sering terjadi adalah restoran memasukkan pesanan online mereka sebagai satu tiket besar di akhir hari kerja, menghilangkan detail tentang apa yang sebenarnya dipesan dan melalui platform mana. Sayangnya, itu berarti Anda tidak tahu persis apa yang dijual secara online, dan hidangan mana yang paling laris.
Solusi:
Integrasi tanpa batas antara saluran penjualan online Anda dan sistem POS Anda adalah semua yang diperlukan untuk mengatasi masalah ini. Menghubungkan semua platform pemesanan online Anda ke tempat penjualan berarti Anda akan melihat semua data penjualan Anda secara real-time baik itu offline dan online (beberapa platform menjadi satu) dalam satu layar.
4. Mengintegrasikan jumlah uang masuk dan keluar dari pesanan online
Di beberapa negara, restoran dan layanan rumah makan diharuskan bekerja dengan sistem mesin kasir terdaftar - yang disebut "white cash register" untuk menghindari penipuan. Artinya, semua pendapatan masuk Anda, termasuk melalui saluran penjualan online, harus didaftarkan untuk mengikuti persyaratan PPN. Anda harus memasukkan semua tanda terima pengiriman di POS restoran Anda agar patuh, dan Anda harus memastikan pelanggan juga menerima tiket. Jika Anda tidak mendaftarkan pesanan Anda dengan benar dari platform pengiriman dan sistem pemesanan online lainnya di tempat penjualan Anda, Anda melanggar hukum dan Anda dapat didenda secara serius.
Solusi:
Otomatiskan alur pesanan online Anda untuk memastikan pesanan online Anda dari platform manapun asalnya, akan dikirim ke sistem POS Anda tanpa Anda harus melakukan apa pun.
5. Restoran Anda penuh kurir karena proses menyiapkan makanan yang lama
Kurir pengiriman makanan perlu melakukan pengiriman sebanyak mungkin untuk mencari nafkah. Bagi mereka, tidak ada yang lebih membuat frustasi daripada harus menunggu makanan yang belum siap diambil. Saat banyak pengendara menunggu di dalam restoran Anda, hal itu dapat menghilangkan pengalaman bersantap bagi tamu Anda, terutama jika restoran Anda berukuran kecil. Pengunjung di rumah makan Anda mungkin merasa tergesa-gesa atau penuh sesak. Di sisi lain, staf Anda juga harus berurusan dengan semua kurir yang muncul untuk mengambil pesanan. Jadi, mereka akan mudah teralihkan dari melakukan pekerjaan mereka. Terakhir, jika waktu persiapan dan waktu tunggu kurir Anda tidak konsisten, ini akan memengaruhi skor Anda di platform pengiriman pihak ketiga, menurunkan peringkat dalam aplikasi Anda.
Solusi:
Salah satu solusinya adalah memikirkan kembali desain dan aliran/flow restoran Anda untuk mengakomodasi ruang tunggu yang dirancang khusus bagi pengendara. Anda mungkin juga ingin memikirkan layar yang menampilkan status pesanan yang ditempatkan secara ideal di area penjemputan pengiriman Anda. Ini akan meningkatkan efisiensi pickup Anda. Untuk meningkatkan posisi Anda di platform pengiriman makanan online, Anda harus tahu bahwa banyak dari pemain pemesanan online ini menghitung perkiraan waktu persiapan menurut riwayat pesanan restoran di platform. Untuk memastikan perkiraan ini akurat, Anda perlu merampingkan proses pemesanan Anda, serta mengoptimalkannya dan membuatnya konsisten.
6. Restoran Anda sulit ditemukan di aplikasi online
Kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, dan Yogyakarta memiliki ribuan tempat makan dengan layanan pesan antar. Dengan banyak dari mereka yang mendaftar dengan platform seperti Gofood, Grabfood, dan Shopee Food, jumlah daftar restoran dalam aplikasi, dan persaingan, sangat besar. Lantas, bagaimana jika restoran Anda tidak ditemukan oleh calon pelanggan? Mengoptimalkan bisnis pengiriman Anda adalah kunci untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam aplikasi pengiriman makanan dan memanfaatkan posisi Anda.
Solusi:
Waktu persiapan yang lebih cepat, waktu pengiriman yang lebih cepat, penerimaan yang lebih tinggi, singkatnya, kinerja pengiriman yang lebih baik akan menghasilkan ulasan pelanggan yang lebih positif dan posisi listingan Anda yang lebih baik. Dengan mengelola operasi pengiriman Anda seefisien mungkin, Anda dapat dengan cepat meningkatkan metrik yang disebutkan di atas dengan sedikit usaha. Beberapa masalah operasional terbesar pengiriman makanan dan pemesanan online dapat dengan mudah ditangani dengan mengoptimalkan manajemen pengiriman Anda dan mengintegrasikan saluran penjualan online Anda dengan sistem POS restoran Anda. Di samping peningkatan pendapatan, Anda akan mendapatkan kembali waktu untuk fokus pada bisnis inti Anda, dan pada hal yang paling penting: membuat pelanggan Anda senang dan menaklukkan dunia dengan makanan Anda.
Kesimpulan
Kunci utama agar bisnis online Anda dapat berjalan baik adalah efektivitas dan pelayanan maksimal serta rasa yang konsisten. Aplikasi kasir sangat berperan penting dalam efektivitas penerimaan orderan online. POSOrderPinsudah terintegrasi dengan 3 food delivery platform terbesar di Indonesia, yaitu Gofood, Grabfood, dan Shopee Food. Hal ini memungkinkan semua pesanan online langsung diterima oleh sistem kasir OrderPin tanpa melalui aplikasi pihak ke 3. Dengan OrderPin, Anda tidak perlu lagi mencacat ulang pesanan online yang Anda terima, cukup menggunakan 1 tablet (perangkat) saja, dan OrderPin akan memberikan laporan rinci baik itu satuan (penjualan online atau offline) maupun gabungan (penjualan online dan offline).