Strategi Produk Terbaik untuk Restoran

#strategi produk#restoran#frekuensi pembelian ulang
2022-12-28
Sebagai seorang pemula, pemilihan produk sangat menentukan frekuensi pelanggan Anda untuk datang kembali ke restoran Anda. Ada 3 jenis pelanggan yang datang kembali yang kami bahas di artikel ini dan bagaimana cara meningkatkannya.
Pemilihan produk hampir menjadi hal pertama yang harus diperhatikan saat memulai bisnis makanan. Banyak orang berpikir untuk membuka restoran karena memiliki produk yang bagus. Tetapi tingkat eliminasi restoran yang tinggi membuktikan bahwa pilihan banyak pemula tidak dapat diandalkan, terutama dalam hal pemilihan produk, mereka salah di awal!
Jadi, bagaimana seharusnya pebisnis makanan pemula memilih produk?

1. Standar inti untuk pemilihan produk restoran: frekuensi pembelian kembali

Sama seperti masalah pemilihan lokasi, Anda hanya perlu menggunakan indikator break-even point (BEP) untuk mengetahui secara akurat rasionalitas pemilihan lokasi; dalam hal pemilihan produk, ada juga standar seperti itu, yang secara akurat dapat mengetahui rasionalitas pemilihan produk. Produk dengan standar ini mungkin tidak dapat berhasil dengan baik, tetapi produk yang tidak memenuhi standar ini hampir tidak mungkin berhasil dengan baik! Standar apa itu? Ini adalah indikator frekuensi pembelian kembali.
Operasi dan pengembangan restoran yang berkelanjutan bergantung pada banyak faktor, di antaranya adalah tiga data inti: basis pelanggan, tingkat pembelian kembali nyata, dan frekuensi pembelian kembali.
Jika Anda merasa merepotkan dan hanya ingin fokus pada dua data, itu adalah basis pelanggan dan frekuensi pembelian kembali. Jika ini terlalu merepotkan dan Anda hanya ingin fokus pada satu data, maka hanya ada satu indikator "frekuensi pembelian kembali" yang dapat dipilih.
Sebuah restoran tanpa frekuensi pembelian kembali ditakdirkan untuk menjadi tidak berkelanjutan. Bahkan jika Anda sesekali beruntung dan menjadi populer, Anda bisa mendapatkan nama selebritas internet saja tetapi tidak dapat menghindari pengembangan yang tidak panjang. Jadi ketika Anda berencana memasuki industri F&B, ketika memilih produk pada langkah pertama, Anda perlu memikirkan apakah produk ini dapat memenuhi standar frekuensi pembelian kembali restoran untuk terus menghasilkan keuntungan di masa mendatang. Jika tidak bisa, maka segera menyerah, tidak memulai adalah perlindungan diri yang paling hebat.

2. Standar frekuensi pembelian ulang produk: dalam satuan bulan

Jadi, apa standar frekuensi pembelian ulang untuk produk? Banyak sistem manajemen F&B di pasaran juga memiliki fungsi frekuensi pembelian kembali, tetapi sayangnya sistem tersebut didasarkan pada tahun. Ini adalah hal yang sangat konyol, yang menunjukkan bahwa perancang fungsi ini tidak tahu apa-apa tentang pekerjaan garis depan restoran. Ada satu dan hanya satu indikator siklus untuk frekuensi pembelian kembali, yaitu unitnya adalah "bulan", dan banyak masalah akan muncul dari unit lain.
Standar frekuensi pembelian ulang makanan siap saji minimal 2 kali dalam sebulan. Jika Anda melakukan konsumsi makanan cepat saji dengan basis pelanggan tetap di kawasan bisnis tetap, jika suatu produk bahkan tidak dapat memenuhi standar 2 kali sebulan, maka Anda tidak boleh memilihnya. Sebenarnya masalah ini tidak terlalu perlu dikhawatirkan, karena untuk sebagian besar fast food hal ini tidak menjadi masalah.
Oleh karena itu, jika Anda berkecimpung dalam bisnis makanan cepat saji, saat memilih produk ambillah standar kesediaan konsumen untuk mengkonsumsi minimal dua kali sebulan.

3. Bagaimana dengan menu spesial?

Restoran khusus tidak dapat menggunakan indeks frekuensi pembelian kembali makanan cepat saji. Walaupun ada beberapa produk, ada juga konsumen yang mengkonsumsi jauh lebih dari dua kali dalam satu bulan, namun ini hanya efek jangka pendek. Dalam jangka panjang, hanya ada tiga standar yang paling efektif untuk frekuensi pembelian kembali restoran khusus, yaitu: dua kali sebulan, sebulan sekali, dan dua bulan sekali.
Yang disebut dua kali sebulan: Artinya ada beberapa konsumen yang datang ke toko untuk makan dua kali dalam sebulan, baik terus menerus maupun terputus-putus, dan perhitungannya adalah mengkonsumsi dua kali dalam sebulan. Yang perlu dijelaskan secara khusus di sini adalah yang dimaksud dengan “bulan” di sini bukanlah “bulan alami” dari awal bulan hingga akhir bulan, melainkan mengacu pada “bulan dinamis”, yaitu , waktu konsumsi kali ini, dan selang waktu dari waktu konsumsi terakhir dalam 30 hari.
Yang disebut sebulan sekali: Artinya ada beberapa konsumen yang datang ke toko untuk makan sebulan sekali, baik itu di awal bulan atau di akhir bulan, asalkan datang sekali sebulan
Untuk restoran khusus, pelanggan berulang dan frekuensi pembelian kembali adalah tujuan utama operasi. Berapa banyak pelanggan setia yang dapat ditemukan bos untuk restorannya menentukan kesehatan restoran tersebut.
Yang disebut dua bulan sekali: Artinya, beberapa konsumen rata-rata hanya mengunjungi toko setiap dua bulan sekali. Frekuensi konsumsi seperti ini memang sudah sangat rendah, tapi setidaknya masih mendukung usaha di toko, sehingga bisa juga dimasukkan dalam standar perhitungan frekuensi pembelian kembali. Namun, untuk konsumen jenis ini, toko perlu mengambil beberapa tindakan yang ditargetkan untuk mencegah kehilangan mereka, dan mencoba meningkatkan frekuensi mereka sehingga mereka bisa datang sebulan sekali.
Selain tiga standar di atas, standar frekuensi pembelian kembali lainnya memiliki nilai yang kecil bagi restoran. Misalnya, meskipun ada pengguna yang berbelanja lebih dari 2 kali dalam sebulan, jumlahnya tidak banyak, apalagi dalam jangka panjang, pelanggan seperti itu tidak akan banyak, setidaknya tidak cukup untuk mendukung bisnis toko. Selain itu, semakin tinggi frekuensi konsumsi di restoran khusus (jauh lebih dari 2 kali), semakin besar kemungkinan orang-orang tersebut akan terganggu oleh restoran tersebut, yang akan mempengaruhi kesehatan frekuensi pembelian kembali.
Jadi mengapa konsumen yang membeli sekali setiap tiga bulan atau sekali setiap empat bulan tidak dihitung sebagai frekuensi pembelian kembali? Meski ada orang seperti itu, mereka juga tidak banyak seperti halnya konsumen yang menghabiskan lebih dari dua kali sebulan. Kalaupun ada beberapa orang yang datang setiap tiga bulan sekali, di satu sisi frekuensinya berdampak terbatas pada pendapatan restoran, dan di sisi lain, mereka adalah konsumen yang mudah hilang.
Mengapa? karena sekarang bukan situasi pasar saat ini di mana restoran sedikit dan konsumen lebih, tetapi sebaliknya: semua jenis restoran bermunculan tanpa henti, dan mereka menggunakan segala macam metode untuk mendapatkan perhatian konsumen, menarik perhatian konsumen, dan menarik konsumen pergi ke toko untuk mengkonsumsi.
Oleh karena itu, jika konsumen tidak pergi ke restoran selama dua bulan, kemungkinan besar dia akan tertarik dengan restoran lain, dan kemungkinan untuk kembali sangat kecil.
Untuk restoran khusus, saat memilih produk, perlu dilakukan evaluasi apakah produk yang Anda pilih memiliki daya tarik produk yang akan berulang kali didatangi konsumen di kota tempat Anda berada. Secara relatif, semakin menarik produk tersebut, semakin tinggi frekuensi pembelian kembali oleh konsumen, dan semakin sedikit kesulitan dalam pemasaran dan pengoperasian selanjutnya. Sebaliknya, jika Anda memilih produk yang umumnya tidak dimakan konsumen sekali dalam beberapa bulan, pengoperasian selanjutnya akan sangat berbahaya!

Kesimpulan

Mengenai pemilihan produk, izinkan saya berbagi dengan Anda indikator yang begitu sederhana. Sebagai seorang pemula, jika Anda dapat menggunakan standar ini untuk menyaring produk, pada dasarnya Anda dapat menghindari kesalahan tersebut di tahap awal. Adapun pengoperasian selanjutnya, bagaimana mengubah pelanggan baru menjadi pelanggan berulang, mengembangkan anggota yang hanya berbelanja setiap enam bulan sekali menjadi anggota yang bersedia berbelanja setiap dua bulan sekali, mengembangkan setiap dua bulan sekali menjadi sebulan sekali, dan mengkonversi satu kali dalam satu bulan dikembangkan menjadi dua kali sebulan, ini melibatkan topik pemasaran dan operasi.