Tips Manajemen Inventaris untuk Meningkatkan Bisnis Anda

#inventori#pengertian inventori#OrderPin#apa itu inventori
2023-01-04
Manajemen inventaris adalah komponen kunci dari software sistem POS di restoran Anda. Baik Anda menjalankan operasi perusahaan atau hanya mencoba menemukan POS terbaik untuk bisnis kecil
Manajemen inventaris adalah salah satu bagian terpenting dalam mengelola restoran. Dengan masalah rantai pasokan global yang terus menekan industri F&B, manajemen inventaris telah menjadi praktik mendasar untuk disempurnakan.
Manajemen inventaris membantu restoran dalam proses pemeliharaan dan penambahan informasi makanan yang akurat setiap hari. Software manajemen inventaris restoran, yang umumnya ada di sistem POS, membantu pemilik restoran mengotomatiskan tugas untuk mengoptimalkan tingkat stok, mengurangi pemborosan makanan, dan mengelola arus kas.
Tetap saja, tidak cukup hanya memiliki peralatan yang tepat. Menjalankan bisnis Anda dalam kondisi ini dapat menghadirkan beberapa tantangan unik untuk bisnis Anda. Lebih penting dari sebelumnya untuk memastikan Anda memiliki kendali penuh atas biaya inventaris. Berikut daftar laporan inventaris yang harus Anda jalankan:

1. Memantau Sisa Bahan yang Anda Miliki

Salah satu hal pertama dalam agenda Anda adalah pengambilan stok. Penting untuk menilai seperti apa stok Anda, lihat apa yang masih ada, dan apa yang harus dibuang. Untuk laporan manajemen inventaris, umumnya menyediakan laporan “Stock In House” untuk dijalankan yang akan membantu mempercepat proses dan memberi Anda gambaran akurat tentang sisa stok Anda saat ini. Data real-time yang diperoleh dengan bantuan analitik data mengungkap alasan utama di balik penjualan produk tertentu atau alasan di balik pengembalian produk tertentu. Ini membantu dalam membuat keputusan bisnis yang efisien dan dapat membantu Anda menghemat uang.

2. Jalankan Promosi untuk Barang Berstok Tinggi dan Sulit Terjual

Di hampir setiap restoran akan selalu ada beberapa item yang sepertinya kurang laku dan stok bahan bakunya melimpah di gudang. Karena akan semakin penting untuk memastikan perputaran stok yang efisien dalam beberapa bulan mendatang, kami sarankan untuk membuat promosi seputar barang dengan stok tinggi atau sulit dijual untuk memaksimalkan ROI Anda dan menjaga biaya tetap rendah.

3. Menghemat Uang dengan Mengurangi Limbah Restoran Anda

Selain berfokus pada penjualan teratas Anda, pikirkan item apa pun yang memiliki resep dasar serupa dalam manajemen inventaris yang dapat digabungkan (misalnya: saus spaghetti creamy mushroom juga dapat digunakan untuk menu salad with creamy mushroom sauce Anda) atau dibekukan dengan mudah agar untuk mengoptimalkan penggunaan stok dan menurunkan risiko pemborosan. Namun, penting untuk menjaga kualitas restoran Anda dan tidak terlalu terbawa oleh umur panjang barang Anda. Penting juga meninjau laporan limbah Anda sebelumnya untuk memastikan pelatihan staf Anda dioptimalkan untuk meminimalkan risiko limbah karena kesalahan manusia. Melacak, dan terus meninjau laporan ini untuk tetap di atas biaya yang berpotensi dihindari.
Kami pikir Anda akan setuju: manajemen inventaris adalah komponen kunci dari software sistem POS di restoran Anda. Baik Anda menjalankan operasi perusahaan atau hanya mencoba menemukan POS terbaik untuk bisnis kecil,OrderPinmerupakan sistem kasir atau POS yang menyediakan fitur manajemen inventaris secara gratis tanpa biaya sedikitpun. Ditambah lagi OrderPin memiliki fitur andalan lainnya seperti e-menu dan integrasi online food delivery yang dapat Anda akses secara gratis seumur hidup tanpa syarat apapun!