Di era yang modern ini, tak bisa kita dipungkiri kalau perkembangan teknologi sudah semakin canggih. Teknologi yang dikembangkan tidak hanya bermanfaat untuk publik, namun ada juga teknologi yang sengaja di kembangkan untuk mempermudah operasional bisnis para pemilik restoran atau cafe. Salah satu contohnya dengan cara menyatukan semua atau beberapa pesanan dari berbagai online food delivery platform menjadi satu tempat penerimaan. Yang artinya jika Anda menjual produk Anda dari Gofood, Grabfood, dan Shopee Food, semua pesanan dapat diterima hanya melalui satu aplikasi saja.
Pada umumnya, integrasi ini adalah termasuk salah satu fitur dari suatu POS sistem atau sistem kasir, namun ada juga yang hanya sebagai penyedia integrator antar online food delivery platform. Aplikasi apa aja sih yang bisa menggabungkan pesanan online? Yuk disimak artikelnya.
Olsera
Aplikasi yang pertama ini merupakan aplikasi penyedia POS sistem atau sistem kasir. Olsera menawarkan fitur integrasi online food delivery agar setiap pesanan makanan online dapat langsung diterima langsung melalui aplikasi Olsera, tanpa harus diterima oleh aplikasi utama dari online food delivery terlebih dahulu.
Namun sayangnya Olsera hanya bekerjasama dengan Grabfood saja dan dari tiga paket berlangganan yang ditawarkan Olsera, Anda hanya akan mendapatkan fitur integrasi online delivery dengan harga mulai dari 980 ribuan per tahun sampai dengan 2,3 jutaan per tahun atau. Dengan Harga yang cukup terjangkau ini, Anda tidak hanya mendapatkan fitur integrasi online food delivery saja, Anda juga akan mendapatkan fitur lain seperti: Semua Fitur Premium, POS di Android, iOS, & Windows, App Backoffice, Fitur Online Order Resto dan Ritel, Integrasi Marketplace, Absensi Wajah, Olsera Akunting, Fitur Lengkap, Laporan Profesional, dan Website Bisnis.
iSeller
Sama halnya seperti Olsera, iSeller juga merupakan aplikasi penyedia POS sistem atau sistem kasir baik untuk restoran maupun toko ritel. iSeller juga hanya bekerja sama dengan Grabfood saja. Harga yang ditawarkan iSeller agar dapat menikmati fitur online food delivery dapat terbilang cukup fantastis, yaitu mulai dari 11,9 jutaan - 25,9 jutaan per tahun. Meskipun harga yang ditawarkan sangat fantastis, namun ada fitur-fitur tambahan yang sangat berguna yang akan bisa Anda akses, seperti: Enterprise Features Pack, Pricebook, Outlet Grouping, Serial Number, Stock Tracking, ERP Integration.
Walaupun harga berlangganan iSeller dapat terbilang sangat tinggi, namun kredibilitas dari iSeller sudah tak bisa kita pungkiri lagi. Banyak pebisnis besar dan sukses yang menggunakan iSeller sebagai POS sistem atau sistem kasir di usaha milik mereka.
Majoo
Bagi para pengusaha restoran maupun kafe, tidak mungkin kalian tidak pernah dengar yang namanya Majoo. Majoo merupakan salah satu dari beberapa aplikasi penyedia POS sistem atau sistem kasir terbesar di Indonesia. Pengguna yang sudah tak terhitung lagi jumlahnya menjadikan kredibilitas Majoo tidak bisa diragukan lagi.
Selain menawarkan fitur utama dalam suatu sistem kasir, Majoo juga menawarkan fitur integrasi online food delivery. Fitur integrasi online food delivery yang ditawarkan oleh Majoo adalah Grabfood dan Gofood. Dengan adanya dua online food delivery platform terbesar bekerjasama dengan Majoo, tentu akan mempermudah operasional di restoran maupun kafe Anda. Hanya dengan cukup membayarkan sebesar 2,9 jutaan - 7,1 jutaan per tahun, Anda dapat mengakses fitur integrasi online food delivery dan fitur-fitur lainnya seperti: Multi Outlet, Toko Online, (Website, Webtree, Opsi Premium Domain), Marketplace (Tokopedia, Shopee, Bukalapak), Kasir Online (PoS) (Atur meja, multisatuan), Aplikasi Order (Web Emenu, GrabFood), Payment (Ewallet QRIS, EDC Kartu, Paylater), Laporan Penjualan Lengkap (Analisa bisnis), Manajemen Inventori (Hitung HPP Otomatis, Transfer Barang), Manajemen Pelanggan dan Promo (CRM) (Deposit pelanggan), Manajemen Karyawan (Absensi foto, otorisasi advance), Kampanye Marketing, Pencatatan Keuangan, Akunting Lengkap, Aplikasi Owner, dan Aplikasi Otomasi (Kitchen Display, Order Display, Self Order)
Hubster
Pada list di dalam artikel ini, Hubster merupakan satu-satunya aplikasi integrasi online food delivery yang bukan POS sistem atau sistem kasir. Hubster hanya fokus untuk menjadi integrator antar online food delivery saja. Namun Hubster merupakan salah satu yang melakukan kerjasama dengan online food delivery platform terbanyak di Indonesia, yaitu Grabfood, Gofood, dan Shopee Food. Selain itu Hubster juga menawarkan fitur-fitur analisis bisnis Anda seperti: Performa bisnis, Laporan terkonsolidasi, Data export, Kelola pesanan, Auto-terima pesanan, Akses riwayat pesanan, Manajemen Menu, Mengganti kesediaan menu, Manual orders, Integrasi POS, 18/7 Customer Support, Hotline layanan bantuan, Brand virtual, Insights analitik, dan Direct Orders (D2C). Dengan hanya membayarkan sebesar kurang lebih 1,4 jutaan - 5 jutaan per tahun, Anda dapat menikmati semua fitur yang ditawarkan oleh Hubster.
Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, Hubster bukanlah aplikasi POS sistem atau sistem kasir, mereka hanya fokus untuk menjadi integrator antara online food delivery platform saja. Namun Hubster juga melakukan kerjasama dengan salah satu aplikasi sistem kasir ternama di Indonesia, Moka. Dengan harga yang sudah disebutkan diatas, Anda dapat menyambungkan aplikasi Hubster Anda dengan sistem kasir Moka Anda dan menerima semua pesanan online melalui Moka saja.
OrderPin
OrderPinmerupakan salah satu aplikasi POS sistem atau sistem kasir dari Alibaba Grup yang melakukan kerjasama dengan tiga online food delivery platform terbesar di Indonesia, yaitu Grabfood, Gofood, dan Shopee Food. Untuk biaya berlangganan OrderPin sendiri ada yang gratis sampai kurang lebih 900 ribuan per tahun. Baik OrderPin versi gratis maupun yang berbayar, Anda dapat menikmati fitur integrasi online food delivery. Selain itu, OrderPin juga menawarkan fitur-fitur lainnya seperti: QR menu, QR pemesanan, Pemanggil pelayan, laporan penjualan, laporan produk, laporan pembayaran, laporan yang dapat di cetak di struk dan dikirim melalui email, Inventory sistem, stok bahan baku, table management, reservasi online, akses laporan dari jarak jauh, sampai OrderPin akan membantu penggunanya untuk memasukan menu dan pelatihan penggunaan aplikasi secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya.